WhatsApp Hentikan Layanan Untuk BlackBerry Dan Nokia

WhatsApp via tempo

Aplikasi WhatsApp mengambil sebuah keputusan besar dengan memutuskan menghentikan layanannya untuk beberapa sistem operasi ponsel. WhatsApp baru saja mengumumkan tak akan mendukung handset dengan sistem operasi BlackBerry termasuk BlackBerry 10, Nokia S40, Symbian S60, OS lama Android 2.1 dan 2.2, Windows Phone 7.1.

Support WhatsApp terhadap OS tersebut akan dihentikan akhir tahun ini. Tentunya ini kabar yang kurang baik bagi pengguna Nokia atau BlackBerry yang kemungkinan masih banyak, terutama model lama. Mungkin banyak dari mereka yang mengandalkan WhatsApp. Tetapi apa boleh buat, WhatsApp sudah memutuskan akan menghentikan dukungannya.

Dalam pengumumannya itu, WhatsApp menyarankan pengguna yang akan terkena dampak meningkatkan sistem operasi ponsel sebelum akhir 2016. Meski menyatakan penghentian layanan di beberapa sistem operasi itu, WhatsApp juga menyatakan fakta yang terjadi pada tujuh tahun yang lalu saat aplikasi ini pertama kali mulai hadir.

WhatsApp via tempo
WhatsApp via tempo

Perusahaan mengakui pada kondisi tujuh tahun lalu, platform sistem operasi terbesar yang digunakan memang BlackBerry dan Nokia. Namun kondisi itu telah berubah dan mayoritas pengguna sistem operasi kini lebih didominasi iOS, Android, dan Windows Phone. WhatsApp menyatakan 99,5 persen penggunanya menggunakan ketiga sistem operasi tersebut.

Ada beberapa kemungkinan diberhentikannya dukungan WhatsApp ini. Pertama, WhatsApp tidak akan bisa lagi diunduh di OS yang sudah disebut. Kemudian pengguna WhatsApp di OS bersangkutan tak akan mendapat update lagi. Banyak yang menyimpulkan WhatsApp nanti tidak akan bisa digunakan lagi di perangkat yang sudah dihentikan dukungannya itu.

Hal tersebut tersirat dari pesan WhatsApp di blog resminya. Lantas secara tegas WhatsApp menyarankan pengguna OS bersangkutan segera upgrade agar dapat terus menggunakan layanan mereka. Jadi artinya kalau tidak pindah ke OS yang lebih baru, kemungkinan besar mereka tidak akan bisa lagi memakai aplikasi WhatsApp ini.

“Meski perangkat mobile itu jadi bagian penting dari kisah kami, mereka tidak menawarkan kapabilitas yang kami perlukan untuk mengembangkan fitur aplikasi di masa depan. Apabila Anda memakai salah satu perangkat mobile yang kena dampak itu, kami merekomendasikan melakukan upgrade ke Android, iPhone, Windows Phone yang lebih baru,” terangnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *