Wali Kota Jakarta Utara Rustam Effendi Mundur Dari Jabatannya

Basuki Tjahaja Purnama via liputan6

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengaku tidak tahu alasan sebenarnya Wali Kota Jakarta Utara Rustam Effendi mundur dari jabatannya. Ahok menduga mundurnya Rustam ada hubungannya dengan alasan pribadi. Meskipun demikian Ahok juga membantah mundurnya Rustam sebab tudingan terkait Rustam yang Pro-Yusril.

Perbedaan prinsip antara keduanya sudah terjadi sejak lama. “Dia alasannya mau mundur saja, saya juga enggak tanya. Saya kira kalau lihat dari Facebook miliknya, alasannya pribadi, kamu nilai sendiri. Saya kira ini panjang bukan hanya bercandaan kemarin. Sejak dari KBN, Kalijodo, memang sudah ada perbedaan prinsip,” kata Ahok di Balai Kota DKI, Selasa (26/4).

Basuki Tjahaja Purnama via liputan6
Basuki Tjahaja Purnama via liputan6

Ahok pun menceritakan perbedaan pendapat antara dirinya dan Rustam di saat menggusur kawasan kalijodo. “Kalijodo dia kan buat surat supaya bengkel engsel tidak dibongkar. Minta waktu dua bulan. Bisa kebayang enggak kalau Kalijodo diratain tapi ada satu bengkel enggak diratain, kamu tafsirannya apa? Saya bilang ini bisa bahaya secara politik, itu bisa dihubung-hubungkan, apalagi yang punya (bengkel) etnis Tionghoa,” ungkapnya.

Oleh karena itulah, Wakil Wali Kota Jakarta Utara Wahyu Haryadi ditunjuknya menggantikan sementara posisi Rustam yang mundur dari jabatannya. Untuk mencari Wali Kota definitif, Pemerintah Provinsi DKI akan memulai seleksi pejabat PNS Eselon II. “Sementara wakilnya jadi plt (pelaksana tugas) dulu. Ini sedang proses seleksi Eselon II. Kita akan mulai,” ucapnya.

Sebelum mundur, Rustam Effendi sempat menulis dalam akun Facebook pribadinya bahwa perkataan Ahok tentang dia sepihak dengan Yusril Ihza Mahendra dirasanya sebagai sesuatu yang menyakitkan. Rustam menghadap Ahok dan memutuskan mundur. “Alasannya karena saya memperhatikan dan mengikuti perkembangan akhir ini yang intinya disampaikan oleh Pak Gubernur bahwa Pak Gubernur menilai kinerja saya masih kurang,” ujar Rustam Effendi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *