LPAI Kecam Video ‘Lelaki Kardus’ Karena Tak Ramah Anak

Di era kemajuan teknologi saat ini, beragam konten bertebaran di internet. Kadangkala beberapa konten dewasa lolos dari sensor sehingga bisa diakses oleh anak-anak. Atau bisa juga karena memang disengaja membuat konten dewasa yang melibatkan anak-anak.

Salah satu contohnya adalah video Lelaki Kardus. Selain tak ramah untuk anak-anak, video ini juga menjadi masalah karena melibatkan anak-anak sebagai modelnya. Video yang memuat lagu dangdut dengan durasi 3 menit 39 detik tersebut bercerita tentang sosok ayah sang anak yang menduakan ibunya. Dalam video tersebut juga memuat adegan kekerasan dalam rumah tangga. Tak memerlukan waktu lama, video tak pantas tersebut menjadi viral.

LPAI Kecam Penyebaran Video Lelaki Kardus

Video Lelaki Kardus [image source]
Video Lelaki Kardus [image source]
Reza Indragiri Amriel selaku Ketua Bidang Pemenuhan Hak Anak LPAI, mengajak masyarakat membangun anggapan bahwa video yang memuat konten dewasa tersebut tak ramah untuk anak-anak.

“Menampilkan anak-anak pada tayangan dan nyanyian bertema dewasa dapat disetarakan sebagai bentuk perlakuan salah terhadap anak. Bahkan apabila materi tersebut dibisniskan untuk tujuan komersial, patut diwaspadai ada unsur eksploitasi anak,” ujarnya dilansir dari Kriminalitas.

Saat ini pihak LPAI telah melapor ke Direktorat Jenderal Aplikasi Informatika Kementerian Komunikasi dan Informatika RI (Kominfo). Mereka berharap Kominfo segera memblokir video tersebut. Reza juga berharap, apabila nantinya video ini diperkarakan, langkah-langkah yang diambil tetap mengedepankan perlindungan anak-anak. Selain itu, ia menghimbau masyarakat agar tak memberi komentar yang merendahkan anak-anak selama video tersebut masih beredar.

LPAI mengajak semua pihak yang peduli atas keberadaan video tak ramah anak tersebut dengan melaporkannya ke Kominfo melalui alamat email [email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *