4 Upacara Pemakaman Unik dan Aneh Asal Indonesia

Trunyan, Pemakaman Mayat di Bali

Dari sekian banyaknya hal yang Indonesia banget, negeri kita juga masih punya tumpukan tradisi yang perlu dipelajari dan dilestarikan. Salah satunya adalah mengenal upacara pemakaman yang telah berjalan di berbagai daerah di Indonesia.

Seperti layaknya pemakaman di dunia, pemakaman di Indonesia juga mengebumikan jasad tak bernyawa ini ke dalam tanah. Namun, beberapa tradisi dari beberapa daerah melakukan pemakaman yang terbilang unik sekaligus aneh. Apa saja jenis upacara tersebut? Berikut rangkumannya.

1. Pemakaman Adat Toraja

Pemakaman mayat di Toraja merupakan salah satu pemakaman unik yang ada di Indonesia bahkan dunia. Pemakaman ini juga disebutkan sebagai pemakaman yang membutuhkan biaya tinggi. Uniknya dari pemakaman ini adalah pagelaran pesta pemakaman nonstop untuk memulangkan jasad tak bernyawa. Upacara pemakaman ini biasanya dilakukan pada rumput luas yang biasanya disebut rante.

Pemakaman Adat Toraja
Pemakaman Adat Toraja[Image Source]
Prosesi upacara yang disertai dengan musik, tari-tarian dan pesta untuk sejumlah tamu ini dan penguburan mayat dapat dilakukan sampai keluarga yang ditinggalkan mendapatkan uang. Semasa menunggu tabungan terkumpul, mayat akan dibiarkan tinggal dirumah dan dianggap sebagai seorang yang sedang sakit. Sementara pemakaman yang sebenarnya ialah ditaruhnya mayat pada lubang dinding yang cadas.

2. Trunyan, Pemakaman Mayat di Bali

Bali memang terkenal dengan pulau-pulau indahnya. Namun, tradisi yang sudah berjalan lama di sini juga patut dipelajari. Salah satunya adalah pemakaman mayat di Desa Trunyan. Upacara pemakaman yang memiliki nama sama dengan nama desanya ini juga memiliki keunikan sendiri.

Trunyan, Pemakaman Mayat di Bali
Trunyan, Pemakaman Mayat di Bali [Image Source]
Ialah mayat yang telah meninggal dibiarkan tergeletak di atas tanah. Sementara itu anggota keluarga yang ditinggalkan cukup memberikan pagar dan sesaji di samping mayat. Jika dipikir kembali, mayat yang akan mengalami pembusukan ini bakal mengeluarkan bau yang tak sedap. Namun dalam pemakaman ini tidaka ada bau busuk. Hal ini terjadi karena ada pohon Trunyan yang menetralisir bau busuk dengan wangi yang dikeluarkannya.

3. Pemakaman Mayat Suku Minahasa

Jika di Trunyan membiarkan mayat tergeletak di tanah, suku Minahasa memposisikan mayat duduk sambil memeluk kakinya. Menurut kepercayaan yang dianut oleh suku Minahasa, orang yang meninggal ini dalam keadaan suci dan membawa kebaikan.

Pemakaman Mayat Suku Minahasa
Pemakaman Mayat Suku Minahasa [Image Source]
Selain itu, arah posisi mayat harus menghadap ke arah utara yang konon ceritanya nenek moyangnya Minahasa dari utara. Anehnya, mayat yang dikubur dalam kuburan batu ini akan hancur menjadi abu tanpa sedikitpun tulang yang tersisa. Percaya?

4. Pemakaman Marapu di Sumba

Pemakaman Marapu merupakan salah satu ritual pemakaman adat yang ada di Indonesia. Rangkaian acara dari pemakaman Marapu terdiri dari 2 tahapan. Pertama, orang yang telah meninggal disemayamkan di rumah ada dengan dibalut berkali-kali dengan tenun ikat. Setelah itu mayat akan dimasukan dalam peti kayu dengan posisi jongkok mirip seperti bayi dalam kandungan.

Pemakaman Marapu di Sumba
Pemakaman Marapu di Sumba[Image Source]
Kemudian, baru para pelayat perempuan masuk ke dalam rumah adat dan duduk melingkati peti. Para perempuan ini dipersilahkan untuk menangis dan menyampai segala pesan untuk orang yang meninggal. Tahap berikutnya,mempersiapkan kuburan dari batu megalitikum yang sebelumnya di bawa keliling kampung dengan upacara khusus.

Upacara pemakaman yang juga tak kalah unik adalah Ngaben. Upacara bakar mayat yand ada di Bali ini juga tak kalah unik dengan beberapa upacara pemakaman di atas. Masih banyak lagi upacara pemakaman yang ada di Indonesia. Hal ini menjadi bukti bahwa negara kita kaya akan tradisi unik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *