Kemenpora Himbau Bonek Agar Tertib Berunjuk Rasa, Polisi Kerahkan Personel

Suporter Persebaya 1927 yang akrab dengan sebutan Bonek dikabarkan melakukan unjuk rasa hari ini (2/8). Kali ini mereka berunjuk rasa langsung ke PSSI dan Kemenpora di Jakarta. Kedatangan mereka kali ini untuk memperjuangkan nasib klub kesayangannya agar bisa berkompetisi kembali di ajang sepak bola nasional.

Menindak lanjuti kedatangan Bonek tersebut, Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) mengimbau mereka agar melakukan unjuk rasa secara tertib. Dilansir dari CNN Indonesia, juru bicara Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto tak mempermasalahkan rencana Bonek. Namun, dengan catatan agar mereka berunjuk rasa dengan tertib.

“Jelas itu hak Bonek untuk melakukan unjuk rasa. Tapi, mereka harus tertib karena sekitar Senayan setahu saya steril karena KTT Ekonomi Negara-negara Islam (2-4 Agustus). Mereka juga memastikan unjuk rasa mereka sudah mendapatkan izin aparat keamanan,” kata Gatot.

Pihak Kemenpora siap berdiskusi dengan perwakilan Bonek. Rencananya Bonek juga akan melancarkan unjuk rasa di Kongres Luar Biasa PSSI yang akan diselenggarakan di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, Rabu (3/8).

“Tentunya kami akan menyambut Bonek dengan tangan terbuka. Tentunya jangan memaksakan melakukan unjuk rasa di kantor Kemenpora. Jika harus di kantor, maka kami siap menerima perwakilan Bonek,” ucap Gatot.

Polisi Siagakan Aparat Untuk Pengamanan Ratusan Bonek

Bonek [image source]
Bonek [image source]
Menyambut kedatangan pasukan Bonek, petugas gabungan Polda Metro Jaya dan Polres Metro Jakarta Pusat siagakan aparat untuk pengawalan dan pengamanan. Komisaris Besa Polisi Awi Setiyono mengatakan petugas gabungan tersebut akan menjemput massa pendukung kemudian mengawal dan mengantarkan hingga ke lokasi akomodasi atau penginapan.

“Karoops (Polda Metro Jaya) tadi (Senin) siang sudah koordinasi dengan Polda Jawa Timur untuk dikawal,” terang Awi Setiyono.

Dikutip dari Antara, Awi menuturkan 106 suporter Persebaya Bonek 1927 akan tiba menggunakan KA Gaya Baru Malam dan 20 orang menumpang KA Gumarang melalui Stasiun Senen Jakarta Pusat pada Selasa (2/8) sekitar pukul 02.00 WIB.

Selanjutnya, 465 suporter menumpang KA Kertajaya akan tiba pada Selasa sekitar pukul 08.00 WIB.

Demi keamanan, polisi menyiagakan 80 personel gabungan untuk melakukan pengamanan dan pengawalan bagi suporter Persebaya 1927 tersebut. Personel tersebut terdiri dari 50 anggota Polres Jakarta Pusat dan 30 personel dari Brimob Polda Metro Jaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *