Uang Muka KPR Turun Bulan Depan

Rumah adalah salah satu aset yang harus Anda persiapkan dalam hidup. Membeli rumah merupakan sebuah urusan yang susah-susah gampang. Anda harus memikirkan masak-masak terlebih dahulu.

Bagi Anda yang mempunyai rencana membeli rumah dengan sistem KPR, ada kabar baik untuk Anda. Dalam waktu dekat, Bank Indonesia akan melonggarkan aturan Loan To Value (LTV) untuk KPR. Dengan begitu uang muka atau DP yang Anda bayarkan akan menjadi lebuh murah.

Aturan ini berlaku untuk KPR rumah tapak pertama yang memiliki luas lebih dari 70 meter persegi. Jika aturan ini berlaku, DP untuk rumah pertama menjadi sebesar 15 persen, rumah kedua 20 persen, dan rumah ketiga 25 persen dari harga rumah. Sedangkan untuk rumah tapak dengan luasan 22-70 meter persegi, DP yang akan berlaku adalah 15 persen untuk rumah kedua dan 20 persen untuk rumah ketiga.

Tak hanya berlaku untuk pembelian rumah tapak saja, perubahan LTV ini juga akan berlaku untuk kredit rumah susun (rusun). Pembelian rusun pertama dengan luas lebih dari 70 meter persegi hanya dikenakan DP sebesar 15 persen, untuk rusun kedua dikenakan DP 20 persen, dan rusun ketiga dikenakan DP 25 persen.

Untuk rusun dengan luas 22-70 meter persegi, DP yang dikenakan untuk pembelian pertama hanya sebesar 10 persen, rusun kedua 20 persen, dan rusun ketiga 20 persen.

Peraturan ini rencananya akan mulai berlaku bulan depan. Saat ini masih menunggu diterbitkannya peraturan dari Bank Indonesia.

Siapkan Uang Muka Dengan Langkah Berikut Ini

Dana untuk rumah [image source]
Dikutip dari Detik Finance, ada beberapa hal yang perlu Anda siapkan untuk pembayaran DP rumah. Pertama-tama, Anda harus memastikan biaya DP rumah. Misalkan harga rumah 700 juta dengan DP 20 persen, maka Anda harus menyiapkan dana sebesar 140 juta lebih dengan biaya administrasi lainnya.

Kedua, buatlah rekening terpisah. Rekening yang Anda gunakan untuk menyimpan uang DP rumah tidak boleh digunakan untuk kepentingan lainnya. Ketiga, potong beberapa pengeluaran Anda. Jika bukan pengeluaran wajib, sebaiknya Anda hilangkan dari list. Yang terakhir, fokus dan bersabar.

Bagaimana? Apakah Anda sudah siap untuk berburu KPR bulan depan?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *