Penggila Makanan Pedas? Ada Baiknya Kamu Traveling ke Kota-Kota Ini!

Indonesia kaya akan kulinernya, bahkan rendang dan sate masuk dalam daftar makanan paling lezat sedunia. Mencari model makanan apa saja di negeri ini bisa didapatkan dengan mudah, mau yang manis, asam, asin hingga pedas semua tersedia. Bagi traveler yang hobi makanan pedas sebaiknya pintar-pintar memilih destinasi wisata yang memiliki menu “pembakar lidah” bias mulut tidak kecut.

Mempelajari tujuan traveling itu sangat penting selain untuk memahami kondisi alam di lokasi tujuan kita juga bisa mencari tahu makanan khas apa yang ada di sana. Kuliner itu penting untuk memastikan perut tidak keroncongan selama bepergian, namun kadang jika menu yang tersedia tidak sesuai bisa merusak selera. Buat kamu yang suka makan makanan pedas 4 kota di Indonesia ini bisa menjadi rekomendasi tujuan berlibur yang pas.

1. Manado – Pusat Aneka Makanan Super Pedas

Manado tidak semata-mata memiliki pemandangan alam yang luar biasa indah. Selain berkeliling mengunjungi tempat-tempat keren seperti Bunaken, Pulau Lembeh, Siladen hingga patung Yesus di kota Manado ini kamu juga bisa menjelajahi aneka macam kulinernya. Kebanyakan kuliner di kota ini sangat klop dengan traveler pecinta masakan cadas yang pedas.

Selain sebagai ibukota dari Provinsi Sulawesi Utara, nampaknya Manado juga layak memegang predikat sebagai ibu kotanya sambal di Indonesia. Aneka olahan sambal yang memekakkan telinga bisa dijumpai di sana. Yang paling hits adalah sambal roa dan dabu-dabu. Sambal dabu-dabu terbilang unik karena pembuatannya tidak diuleg melainkan diiris.

Kakap Woku [Image Source]
Kakap Woku [Image Source]
Menilik ke menu makanan ada woku dan rica-rica yang semuanya disajikan dalam rasa yang pedas. Menu daging dan seafood seringnya dimasak rica-rica atau woku yang memang khas kota ini. Woku sendiri adalah masakan yang bentuknya seperti sup kuning yang kaya akan rempah-rempah. Sedangkan rica-rica lebih seperti sambal pedas.

2. Padang – Kuliner Pedasnya Bikin Berang

Tujuan berikutnya adalah Padang, kota asal makanan yang kelezatannya diakui dunia yaitu rendang. Jika kamu perhatikan hampir semua menu masakan Padang mengandung cabai, sebut saja rendang dan pindang ikan. Bahkan cabai juga menjadi bumbu pada camilannya yang berupa balado.

Rendang ayam [Image Source]
Rendang ayam [Image Source]
Traveler yang suka makanan pedas tidak akan kekurangan pilihan menu jika traveling ke kota terbesar di pantai barat pulau Sumatera ini. Menu utama dan paling mudah dijumpai sekalipun tidak di Kota Padang adalah rendang. Makanan dengan cita rasa full rempah-rempah ini digandrungi banyak kalangan. Setiap rumah makan padang di seluruh Indonesia pasti memiliki menu makanan satu ini. So jika traveling ke sana, jangan cuma melihat jam gadangnya saja, sempatkan berkeliling kota mencari spot-spot rumah makan yang menyajikan makanan khas.

3. Bali – Warung Bu Andika Menggebrak Lidah

Bali memiliki makanan tradisional seperti babi guling, ayam betutu dan juga lawar. Namun yang paling menggebrak lidah di sana adalah makanan khas berupa nasi pedas dan warung makan atau restoran yang paling digandrungi wisatawan adalah Nasi Pedas Bu Andika. Untuk urusan pedas jangan ditanya lagi, warung makan ini jagonya masakan pedas seantero Bali, begitulah menurut kebanyakan traveler yang pernah makan di sana.

Nasi Pedas [Image Source]
Nasi Pedas [Image Source]
Sajian nasi pedas ini tidak begitu istimewa, hanya seperti nasi rames biasa dengan pilihan lauk seperti abon, ayam goreng, kulit ayam, tempe dan lain-lain. Namun semua menu termasuk lauknya dibuat pedas, jadi jangan khawatir untuk urusan membakar lidah menu makanan di warung makan ini bisa diandalkan.

4. Surabaya – Ada Manu Penyet HIngga Nasi Goreng Jancuk Super Pedas

Selain rujak cingur Surabaya menyimpan satu menu yang bikin keringat mengalir deras yaitu makanan penyet. Mungkin kamu sudah familiar dengan makanan seperti ayam penyet, tahu penyet dan juga tempe penyet, nah makanan-makanan ini berasal dari Surabaya. Menjajal makanan khas di kota asalnya, kamu bisa memperoleh rasa yang spesial.

Ayam Penyet [Image Source]
Ayam Penyet [Image Source]
Pembuatan makanan penyet ini pada intinya adalah setelah digoreng baik daging ayam, tahu atau tempe tersebut akan dipenyet atau digeprek hingga gepeng. Yang spesial adalah sambalnya yang super pedas. Kurang puas? Ada satu menu lagi yang musti kamu cicipi saat di Surabaya, yaitu nasi goreng jancuk di kawasan Surabaya Plaza Hotel yang kini tengah hits di kalangan traveler.

Kamu termasuk pecinta kuliner pedas juga? Menu kuliner yang mana pilihanmu?

One Comment

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *