Toyota Sienta Resmi Meluncur Di Indonesia

Toyota Sienta via sindonews

Kejelasan kehadiran Toyota Sienta akan masuk ke pasar Indonesia semakin terang. Pasalnya kendaraan multi purpose vehicle (SUV) besutan Toyota sudah mendarat di kantor PT Toyota Astra Motor di kawasan Sunter. Mobil ini menempati kelas mid-range atau di tengah-tengah antara Kijang Innova, Grand New Avanza, dan Grand New Veloz.

Kedua unit Toyota Sienta yang kini ada di Sunter berbeda varian. Varian pertama pada baris kedua bangkunya pilot seat dan varian kedua bangkunya biasa tanpa ada pemisah. Menurut informasi, kedua unit itu masih dipelajari oleh teknisi Toyota sebelum masuk pasar. Mobil ini rencananya akan diproduksi di pabrik baru Toyota di Karawang.

Selain membekali dengan mesin 2NR yang sudah dirakit secara lokal, ternyata Toyota juga telah menyiapkan transmisi baru untuk Sienta pasar dalam negeri yakni manual. Di negara yang kini masih satu-satunya penjual Sienta, Jepang, Toyota hanya menawarkan satu pilihan transmisi yaitu Super CVT-i sama seperti Corolla.

Toyota Sienta via sindonews
Toyota Sienta via sindonews

Berdasarkan keterangan seorang narasumber, Sienta di Indonesia ditawarkan dengan dua pilihan transmisi yakni manual dan Super CVT-i. Akan tetapi ada perubahan khusus karena dikatakan posisi tuas transmisi bukan di dasbor seperti Honda Freed melainkan di antara jok penumpang depan dan sopir selayaknya mobil-mobil Toyota lainnya.

“Baru dua unit yang datang dan seluruh mobil dilapisi dengan stiker berwarna putih. Tetapi sayang tidak boleh di foto. Tuas transmisinya dipindah, akan disesuaikan dengan Indonesia,” demikian pernyataan dari sumber tersebut. Bukan hanya tambah pedal kopling, perubahan lokasi tuas transmisi bisa jadi akan meliputi desain dasbor.

Selain itu, kemungkinan nantinya akan ada boks untuk ruang tuas transmisi beserta tempat penyimpanan di antara jok depan. Sienta memulai debut di Indonesia International Motor Show 2016, JiExpo Kemayoran, Jakarta pada 7 hingga 17 April mendatang. Konsumen sudah bisa melakukan pemesanan, harga jual Sienta kisaran Rp 230

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *