Teman Ahok Dituding Melakukan Upaya Deparpolisasi

Foto Ilustrasi via okezone

Basis relawan pendukung Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Teman Ahok disebut Sekretaris DPD PDI Perjuangan (PDIP) DKI, Prasetio Edi Marsudi telah melakukan deparpolisasi atau peniadaan peran partai politik. Hal itu didasari dengan tekad Teman Ahok untuk mencalonkan mantan Bupati Belitung Timur tersebut secara independen.

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon menyebut upaya deparpolisasi adalah hal yang keliru. Pasalnya, tidak ada demokrasi yang terbangun bila tanpa parpol. “Itu di seluruh dunia berlaku. Tidak ada demokrasi tanpa parpol. Sehingga kalau ada yang kurang baik dari parpol, parpol yang harus diperbaiki,” kata Fadli di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (10/3).

Menurut Fadli, upaya deparpolisasi menunjukkan gagal pahamnya seseorang atau kelompok mengenai hakikat demokrasi. Sikap anti-parpol bahkan mengarah pada rezim yang otoriter. “To?talitarianisme dan otoriterinisme itu dibangun karena tidak ada kekuasaan dari sebuah wadah demokrasi yang terpenting yaitu partai politik. Karena di dalam partai politik adalah organisasi untuk melakukan suatu rekrutmen dari rakyat untuk mewakili rakyat,” ucapnya.

Foto Ilustrasi via okezone
Foto Ilustrasi via okezone

Wakil Ketua DPR RI itu belum mau menyimpulkan apakah Ahok akan maju melalui jalur yang mengatasnamakan anti-politik. Karena Undang-Undang memang menyediakan wadah bagi seseorang untuk maju secara independen. “Kalau itu haknya dia (Ahok) terserah. Siapapun setiap individu sudah ada jalurnya. Akan tetapi kalau mau melakukan suatu kontestasi lewat jalur independen kan memang disediakan Undang-Undang kita,” tegasnya.

Sebelumnya, web Teman Ahok dikabarkan sempat mengalami percobaan pembajakan, Rabu (9/3). Informasi ini dikabarkan oleh Facebook relawan yang mendukung pria asal Belitung Timur itu kembali menjadi Gubernur DKI Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *