Tarakan Diguncang Gempa Berkekuatan 6,1 Skala Richter

Foto Ilustrasi vi aliputan6

Gempa berkekuatan 6,1 skala richter (SR) mengguncang Tarakan, Kalimantan Timur, Senin (21/12) pukul 01.47 WIB. Gempa itu dirasakan cukup kuat hingga masyarakat berhamburan keluar rumah. Tak hanya rumah yang bergoyang, ruko yang berdiri kokoh pun tidak mampu menahan getaran gempa tersebut.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), gempa itu terjadi pada Senin (21/12) sekitar pukul 01.47 WIB dengan kekuatan 6,1 skala richter. Pusat gempa bumi tersebut berada di 29 kilometer Timur Laut, Kota Tarakan dengan kedalaman 10 kilometer di bawah permukaan tanah. Warga berhamburan keluar rumah ketika gempa terjadi. Goncangan yang cukup lama membuat mereka terbangun dari tidur lelapnya.

Foto Ilustrasi via liputan6
Foto Ilustrasi via liputan6

“Gempanya sekitar satu menit. Saya lagi tertidur lelap sampai bangun kaget saking besarnya getaran gempa. Bahkan ada kompor yang sedang digunakan memasak terbalik. Tapi untung tidak terjadi kebakaran. Ruko goyang, padahal ini ruko paku buminya mencapai 16 meter,” kata warga Tarakan, Delvi Zuhendri, Senin (21/12) dini hari.

Saat terjadi gempa, Tarakan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *