5 Tanaman Obat Yang Wajib Ada di Halaman Rumah

Kumis Kucing

Menjamurnya rumah dengan gaya modern ternyata memberikan efek negatif bagi kesehatan rumah. Kalau dulu banyak rumah yang ditumbuhi tanaman obat keluarga (Toga) di depan rumah, kini hanya sejumlah pot yang hanya berisi tanah kosong.

Sayang jika halaman rumah dibiarkan kosong tanpa tanaman. Padahal, beberapa jenis tanaman bisa menjadi obat mujarab mengobati berbagai penyakit. Seperti 4 jenis tanaman di bawah ini.

1. Kumis Kucing

Tanaman yang berasal dari Afrika ini memang sangat jarang menjadi penghias di halaman rumah. Padahal banyak manfaat dari tanaman satu ini. Di Indonesia sendiri, kumis kucing biasanya digunakan untuk memperlancar pengeluaran air kemih.

Kumis Kucing
Kumis Kucing [Image Source]
Namun masih banyak manfaat dari kumis kucing seperti mengobati rematik, obat batuk, asam urat, encok, masuk angin, sembelit, radang ginjal, batuk ginjal, kencing manis dan penyakit syphilis. Selain itu Kumis kucing juga bisa dimanfaatkan sebagai obat antibiotik.

2. Lidah Buaya

Dari zaman dulu, kita mengenal lidah buaya sebagai bahan perawatan rambut. Selain untuk mempertebal dan juga menghitamkan mahkota kita, lidah buaya juga dapat digunakan untuk perawatan kulit dan jerawat.

Lidah Buaya
Lidah Buaya [Image Source]
Ternyata, manfaat adanya lidah buaya di halaman rumah juga baik untuk kesehatan. Lidah buaya dapat membantu proses pencernaan dalam tubuh, mengeluarkan racun, melawan peradangan. Bahkan saat ini lidah buaya telah diuji di Jepang untuk dikembangkan sebagai obat kanker.

3. Belimbing

Siapa sangka buah belimbing ini ternyata bisa digunakan sebagai obat mujarab di rumah. Buah yang mengandung vitamin C, B ,A, protein dan kalsium ini ternyata dapat menjadi obat kolesterol tinggi.

Belimbing
Belimbing [Image Source]
Selain itu, belimbing juga dapat digunakan sebagai penurun darah tinggi dengan memakan buahnya setiap hari sesudah makan. Tapi hati-hati jika tekanan darah dalam keadaan rendah. Karena tubuhmu bakal lemas dan pusing.

4. Temulawak

Temulawak biasanya sering digunakan oleh ibu-ibu sebagai jamu untuk menambah nafsu makan anaknya. Selain itu tanaman yang memiliki kandungan kurkumin ini dapat digunakan untuk mengobati sakit kepala, masuk angin dan sakit perut ketika menstruasi.

Temulawak
Temulawak [Image Source]
Namun, salah satu rempah yang banyak dijumpai di pekarangan ini dapat mencegah penyakit kanker hati. Temulawak juga dapat mengatasi penyakit Hepatitis B yang merupakan faktor utama munculnya penyakit kanker hati.

5. Kemangi atau Basil

Kemangi memang bukan salah satu Toga yang biasa ditanam di depan rumah. Namun, pelengkap di menu lalapan ini bisa dijadikan tanaman hias baik di dalam maupun di luar rumah.

Kemangi
Kemangi [Image Source]
Ketika kemangi yang sudah dimasukkan dalam vas yang berisi air, seisi rumah akan terbebas dari nyamuk. Ya, kemangi atau basil ini dapat menjadi obat nyamuk alami dan penghias ruangan tanpa perlu menyemprotkan bahan kimia.

Tanpa perlu media tanah yang luas kita bisa membuat obat-obatan ini penuh di depan rumah. Cukup manfaatkan pot atau kaleng tak terpakai, tanaman obat bisa tumbuh di depan rumah. Yuk, tanam tanaman obat keluarga di rumah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *