Tampil Di Ajang F1, Rio Haryanto Butuh 15 Juta Euro

Rio Haryanto via detik

Langkah Rio Haryanto menuju ajang Formula 1 hanya tinggal satu langkah lagi. Pasalnya, dia hanya memerlukan bantuan dana sponsor untuk dapat menjadi pebalap pertama yang akan membawa nama Indonesia ke balapan paling bergengsi di dunia tersebut. Setelah menjalani tes di Abu Dhabi, tim Manor Marussia membuka pintu kepada Rio untuk masuk ke kokpit jet darat mereka, asalkan Rio juga bisa mendatangkan sponsor senilai 15 juta euro.

Sponsor utama di ajang GP2, Pertamina sudah menyatakan komitmennya untuk membantu sebesar 5 juta euro. Ini berarti masih diperlukan 10 juta euro lagi (Rp 150 miliar) agar pria berusia 22 tahun itu bisa masuk ke ajang F1. Rio berharap pemerintah memberikan bantuan langsung. Namun, agaknya hal tersebut tidaklah mudah karena terkait sejumlah aspek.

Pemerintah DKI Jakarta melalui DPRD sempat berniat memberi bantuan dana sebesar Rp 90 miliar. Namun, ada peraturan perundangan yang melarang hal itu. “Ternyata enggak boleh. Kita sudah cek aturan dari BPKP (Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan) bila enggak boleh untuk balapan yang bersifat komersial. Formula ini kan komersial, jadi enggak boleh pakai APBD,” kata Gubernur Basuki Tjahaja Purnama.

Rio Haryanto via detik
Rio Haryanto via detik

Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) juga mengaku belum ada ruang bantuan untuk Rio dikarenakan keterbatasan alokasi dan ada prioritas anggaran untuk Asian Games 2018. “Tetapi kami sangat mendukung untuk menyukseskan Rio Haryanto ke F1,” kata Imam Nahrawi dalam rapat kerja terakhir di Komisi X DPR RI tentang APBN 2016.

“Kami akan terus mendorong agar pihak-pihak lain bersama-sama membantu Rio. Misalnya saja Pertamina akan kami coba dorong lagi supaya terus meningkatkan nilai sponsorshipnya. Selebihnya kami juga sedang usaha agar Kementerian Keuangan bisa mencari celah sehingga bisa membantu. Selain itu, perusahaan otomotif diharapkan bisa bantu menjadi sponsor Rio juga,” lanjutnya. Dia juga berencana mendiskusikan dengan Menteri BUMN, Rini Soemarno.

Sementara itu, penggemar setia Rio rela menggelontorkan sebagian rezekinya demi melihat idolanya ada di ajang F1 musim depan. Salah satu bentuk dukungan mereka adalah dengan menggalang dana.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *