4 Orang Survivor Kanker Asal Indonesia

Zainudin, Sembuh dari Kanker Laring

Kanker adalah salah satu penyakit yang memamng terdengar menyeramkan bagi banyak orang. Selain ganas, juga tak mudah untuk disembuhkan. Tapi bukan berarti penderitanya tak bisa sembuh dari kanker.

Semakin dini kanker itu terdeteksi, semakin besar pula peluang untuk menyembuhkan penyakit kanker. Tentunya selain itu juga di butuhkan kemauan dan kegigihan dari penderitanya untuk berusaha sembuh. Seperti beberapa orang berikut ini. Walaupun divonis kanker, mereka tak serta merta menganggap hidupnya telah berakhir. Mereka terus berusaha hingga akhirnya sembuh. Berikut ini 4 orang survivor kanker asal Indonesia.

1. Zainudin, Sembuh dari Kanker Laring

Zainudin adalah salah satu korban dari bahaya asap rokok yang sering diabaikan oleh para perokok. Padahal, Zainudin bukanlah perokok aktif, ia hanyalah perokok pasif yang sering menghirup asap rokok dari orang lain. Memang ia juga pernah merokok, tapi itu sesekali dan hanya untuk menghormati teman-temannya.

Zainudin, Sembuh dari Kanker Laring
Zainudin, Sembuh dari Kanker Laring [image source]
Sayang, Akhir tahun 1995 yang lalu, ia didiagnosis mengidap kanker pada bagian laringnya (kotak suara). Karena muncul benjolan kanker pada bagian tersebut, Zainudin terpaksa melakukan operasi pengangkatan pita suara. Operasi tersebut meninggalkan lubang pada leher Zainudin. Cara bicaranya pun terdengar seperti robot. Walaupun begitu, ia dinyatakan sembuh dari kanker dan bisa melakukan aktifitas seperti sedia kala.

2. Martini Lim, Sembuh dari Kanker Payudara

Banyak kasus meninggal karena kanker sempat membuat seorang wanita bernama Martini putus asa. Wanita yang sudah berumur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *