Varian Baru Sosis Berbahan Baku Ganja

Mendengar kata ganja, pasti yang terlintas di pikiran Anda adalah obat-obatan terlarang. Namun, sebuah festival di Louisville, Kentucky, mengadakan sebuah kompetisi olahan daging dengan menggunakan bahan dari varietas ganja. Daging olahan ini terbuat dari hemp yaitu produk dari serat, minyak ataupun biji ganja.

Hemp berbeda dari jenis Cannabis lainnya. Kandungan senyawa obat psikoaktif tetrahydrocannabinol atau THC dalam hemp lebih rendah. Penggunaan Hemp sebagai bahan baku sosis sudah disetujui BPOM Amerika Serikat (FDA). Mereka hanya melakukan pelarangan terhadap penggunaan daun ganja.

“Minyak dan biji hemp dapat digunakan, untuk penyedap daging dan ternak lainnya tanpa tambahan zat apapun,” tulis FDA dalam surelnya pada masyarakat setempat.

Pengenalan hemp sebagai bahan tambahan pengolahan daging ini diperkenalkan dalam acara The Hemp Dawg. Inovasi ini dianggap sebagai terobosan di negara bagian tersebut. Selain itu, hemp yang digunakan adalah produksi dari petani lokal, sehingga bisa menjadi peluang komoditas baru untuk meningkatkan kesejahteraan mereka.

Sosis hemp ini menuai sukses. Maxine Bracken, sebuah restoran penyedia sosis hemp telah memesan sebanyak dua ribu buah dari peternak David Neville. Menurut konsumen, sosis varian baru tersebut terasa lezat seperti sosis Polandia.

Kandungan Nutrisi Dalam Sosis Hemp

Sosis biasanya dipakai untuk bahan pembuatan makanan hot dog. Seperti kita ketahui, makanan ini termasuk dalam kategori makanan tidak sehat. Namun, dengan sosis dengan kandungan hemp memiliki kandungan lemak sehat omega 3 dan 6.

Kandungan asam lemak dalam hemp juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit eksim. Seorang penderita eksim, Tanya Dyer menggunakan minyak hemp sebagai obat untuk eksimnya. Setiap hari ia mengonsumsi minyak hemp dan mengoleskan krim kulit berbahan dasar hemp.

“Setelah beberapa minggu, kulit Tanya yang kasar dan kering mulai halus,” kata Audrey, ibu Tanya.

Minyak hemp hampir mirip dengan olive oil, namun memiliki rasa seperti minyak biji bunga matahari. Cara mengkonsumsinya bisa diminum secara langsung atau ditambahkan pada makanan. Namun, tidak dianjurkan untuk memanaskan minyak hemp, karena bisa mengurangi khasiatnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *