Sony Merilis Tiga Smartphone Xperia X Performance, Xperia X, Xperia XA

Sony Xperia X via viva

Raksasa teknologi asal Jepang, Sony, meramaikan panggung Mobile World Congress (MWC) 2016 di Barcelona, Spanyol dengan merilis tiga seri smartphone terbarunya. Ponsel pintar ini hadir dengan kode X, yakni Xperia X Performance, Xperia X, dan Xperia XA. Ketiganya hadir dengan casing yang diklaim layaknya kelas premium dan hadir dengan ciri khas Xperia.

Xperia X memiliki desain premium dengan material logam mewah. Dengan menggunakan teknik tone on tone approach menghasilkan warna casing depan dan belakang sama dalam varian warna White, Graphite Black, Lime Gold, Rose Gold. Dimensi Sony Xperia X sendiri mencapai 142.7 x 69.4 mm dengan ketebalan hanya 7.9 mm. Berat Xperia X mencapai 153 gram yang memberi kenyamanan saat digenggam dan digunakan. Meskipun secara sekilas ketiganya masih mirip dengan seri lama Xperia, tapi sebenarnya ada perbedaan kecil. Untuk seri X Performance punya bagian belakang yang terbuat dari logam dan tahan air.

Untuk seri Xperia X Performance dan Xperia X, keduanya menonjolkan teknologi kameranya. Kedua seri itu hadir dengan kamera utama 23 MP dengan teknologi yang disebut predictive hybrid autofocus. Dengan teknologi ini, Xperia X Performance dan Xperia X mampu melacak objek bergerak dan memprediksi ke mana objek tersebut akan bergerak. Teknologi ini juga memungkinkan fokus kamera dan pengambilan objek gambar dengan gerakan cepat tanpa blur. Untuk kamera depan, kedua seri high end tersebut hadir dengan 13 MP. Sementara itu untuk Xperia XA, hadir dengan kamera belakang sebesar 13 MP dan kamera depan 8 MP.

Sony Xperia X via viva
Sony Xperia X via viva

Xperia X Performance didukung prosesor Qualcomm Snapdragon 820, sementara Xperia X didukung dengan Qualcomm Snapdragon 650. Sedang Xperia XA telah disematkan prosesor MediaTek MT6755. Untuk soal penyimpanan, Xperia X dan X Performance didukung dengan RAM sebesar 3GB, sedangkan Xperia XA mendapatkan RAM berkapasitas 2GB.

Sony Xperia X ini menawarkan bentang layar bening berdiagonal 5.0 inchi. Resolusi layarnya telah disuntikkan Full HD 1080 x 1920 pixels dengan kepadatan hingga 441 ppi per inchinya. Permukaan layar Xperia X punya kemampuan multitouch cukup responsif dengan panel IPS LCD capacitive touchscreen berteknologi Triluminos display dan X-Reality Engine. Xperia X bahkan telah didukung dengan lapisan anti gores Scratch-resistant glass, oleophobic coating. Baterai yang ditanamkan dalam Sony Xperia X memiliki daya terbilang besar yakni baterai berdaya 2620 mAh dari Li-Ion yang mampu menghasilkan waktu siaga lebih lama.

Jaringan dan konektivitas yang disematkan dalam Xperia X telah mendukung jaringan 4G LTE akses internet cukup kencang dengan speed hingga LTE Cat6 300/50 Mbps untuk memenuhi kebutuhan selancar pada dunia maya. Selain itu, Xperia X juga didukung dengan jaringan 3G HSDPA dengan kecepatan internet HSPA 42.2/5.76 Mbps serta dukungan jaringan 2G GSM dengan koneksi GPRS-EDGE. Beberapa konektivitas lain juga disematkan seperti Dual SIM bertipe Nano, Wi-Fi, Hotspot, Bluetooth, NFC, port microUSB, GPS navigasi, Browser. Soal harga, Sony sendiri belum merilis kisaran harga jual smarphone tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *