Ratu Shima, Simbol Keadilan Sejati Yang Pernah Langgeng di Nusantara

Ilustrasi pemimpin yang adil

Nusantara penah menjadi negeri yang paling adil bagi rakyat-rakyatnya. Berbeda dengan saat ini yang hukumnya seringkali sudah diabaika. Korupsi dan tindak kejahatan merajalela di mana-mana. Jika melihat masa lalu ada satu kerjaan di Nusantara yang sangat menjunjung tinggi keadilan dan hukum kerajaan.

Masa-masa itu dapat dirasakan saat Ratu Shima memegang tumpuk kekuasaan Kerajaaan Kalingga yang terletak di pulau jawa, tepatnya di Jawa Tengah. Bukti-bukti sejarah tentang keberadaan Kalingga dengan Ratu Shimanya terdapat dalam peninggalan-peninggalan purbakala seperti prasasti, cerita parahyangan maupun berita-berita dari Tiongkok.

Ilustrasi pemimpin yang adil
Ilustrasi pemimpin yang adil [image source]
Ratu Shima memerintah Kalingga sekitar tahun 674 Masehi. Tidak diketahui dengan pasti tentang asal usul Ratu Shima. Yang pasti ia adalah istri dari Raja Kalingga. Dan setelah suaminya meninggal, Ratu Shima yang mengambil alih kekuasaan dan memerintah Kalingga. Sedangakan menurut cerita parahyangan, Maharani Shima adalah nenek buyut dari Raja Sanjaya, penguasa Kerajaan Galuh sekaligus pendiri dinasti Sanjaya yang menguasi bumi mataram kuno.

Kemasyuran Ratu Shima sangat terkenal dikalangan masyarakat Jawa terutama di Jepara. Karena sudah ada 3 wnita terkenal yang berasal dari Jepara. Selain Ratu Shima, ada juga Ratu Kalinyamat dan RA Kartini yang menjadi Pahlawan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *