Puncak Musim Hujan Terjadi Pada Januari Hingga Februari 2016

Foto Ilustrasi via tempo

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan kekeringan masih akan terjadi di beberapa wilayah Indonesia hingga akhir tahun 2015 ini. Mundurnya awal musim hujan ini disebabkan fenomena El Nino yang cukup panjang. Selain itu, pergerakan suhu laut yang hangat ke wilayah Pasifik Barat menandakan proses peralihan El Nino ke kondisi netral.

Suhu laut yang hangat di atas perairan Indonesia telah memasuki bagian utara Indonesia yaitu Selat Karimata, Selat Makassar, dan perairan Maluku bagian utara. Hal tersebut pun meningkatkan pasokan uap air. Secara keseluruhan, Indonesia akan mulai memasuki musim hujan pada bulan depan. Namun pada Januari hingga Februari 2016, Sumatera bagian utara justru memasuki musim kemarau lagi, termasuk Riau.

BMKG juga memperkirakan wilayah Jakarta dan sekitarnya akan mengalami puncak musim hujan pada bulan Januari hingga Februari 2016. Masyarakat diminta mempersiapkan diri, khususnya untuk mengantisipasi ancaman banjir. “Jakarta pada Januari hingga Februari akan menemui puncak hujan. Oleh karena itu harus waspada,” kata Kepala BMKG Andi Eka Sakya di Jakarta, Rabu (11/11).

Foto Ilustrasi via tempo
Foto Ilustrasi via tempo

Hujan saat ini sudah mulai turun di beberapa wilayah Jakarta. Namun, intensitasnya masih rendah mengingat sepanjang November ini merupakan masa transisi pergantian musim atau periode pancaroba. Intensitas hujan diperkirakan akan semakin naik hingga puncaknya pada pergantian tahun 2015 menuju 2016. “Saat ini angin masih berpendar, hujan belum teratur. Kita sedang dalam masa pancaroba atau transisi pergantian musim,” ujarnya.

Menurutnya, daya serap permukaan tanah di Jakarta terhadap air hujan terbilang rendah. Untuk itu, jika hujan deras melanda cenderung akan menutupi permukaan daratan Jakarta hingga menyebabkan banjir. “Daya serap Jakarta terhadap air hujan kurang baik maka agar ada pengaturan dan penataan aliran air sungai, sumur biopori (resapan) diperbanyak. Hal ini dilakukan agar tidak ada masalah akibat curah hujan yang semakin meningkat,” tutupnya.

Intensitas curah hujan akan terus meningkat tidak hanya di wilayah Jakarta saja, akan tetapi di berbagai wilayah Indonesia dimulai pada akhir November 2015. Dengan adanya kenaikan curah hujan yang semakin tinggi, maka ancaman banjir yang akan terjadi pun akan semakin tinggi pula. Masyarakat harus mulai waspada akan hal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *