Presiden Rusia Menetapkan 1 November Sebagai Hari Berkabung Nasional

Presiden Rusia Vladimir Putin via sindonews

Insiden jatuhnya sebuah pesawat maskapai Rusia, Kogalymavia di daerah Sinai Utara, Mesir membuat Presiden Rusia Vladimir Putin menetapkan 1 November sebagai Hari Berkabung Nasional. Putin menyampaikan hal itu kemarin, Sabtu (31/10). Putin juga mengungkapkan belasungkawa dan duka mendalam kepada para keluarga korban kecelakaan pesawat jenis Airbus A-321 tersebut.

Presiden Rusia Vladimir Putin via sindonews
Presiden Rusia Vladimir Putin via sindonews

Tak hanya itu, Putin juga memerintahkan kepada jajaran kementriannya dan pejabat darurat Rusia untuk segera terbang langsung menuju lokasi kecelakaan pesawat. Nantinya, Menteri Darurat Rusia, Valdimir Puchkov akan mengkoordinasikan pencarian, operasi penyelamatan korban, dan memberikan bantuan langsung kepada keluarga korban yang tewas.

Pihak berwenang mengatakan pesawat itu membawa 217 penumpang dan 7 awak. Kabinet pemerintah Mesir menyebutkan 214 penumpang berkewarganegaraan Rusia sedangkan tiga penumpang lainnya berkewarganegaraan Ukraina. Pesawat berjenis Airbus A-321 itu lepas landas dari Bandara Internasional Sharm El-Sheikh, Mesir menuju ke St. Petersburg, Rusia.

Namun setelah 23 menit lepas landas, petugas kontrol lalu lintas udara Mesir mengaku telah kehilangan kontak dengan pesawat. Belakangan diketahui jika pesawat itu jatuh di daerah dekat Nekhel, bagian utara Semenanjung Sinai. Pesawat pun ditemukan di area pegunungan terpencil sekitar wilayah Hassana yang berjarak 35 kilometer sebelah selatan kota pantai Al Arish, Sinai Utara.

Tim yang bergerak ke lokasi sudah mendapatkan kotak hitam pesawat tersebut. Akan tetapi,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *