Presiden Joko Widodo Habiskan Malam Pergantian Tahun Di Raja Ampat

Presiden Joko Widodo via republika

Presiden Joko Widodo berencana akan menghabiskan malam pergantian tahun baru di Raja Ampat, Papua Barat. Presiden memilih Papua dengan alasan ingin mentradisikan peringatan hari besar ataupun acara keagamaan tidak selalu di Jakarta. Ini merupakan tahun kedua bagi Presiden merayakan tahun baru di daerah.

“Diperkirakan Presiden Joko Widodo akan merayakan momen pergantian tahun baru di Raja Ampat bersama dengan masyarakat Papua Barat. Hal ini supaya tidak Jakarta sentris,” kata Sekretaris Kabinet Pramono Anung di kantornya, Jakarta, Senin (28/12).

Pramono mengungkapkan selain ke Raja Ampat, Presiden juga akan mengunjungi Wamena, Sorong, dan Merauke. Presiden ingin memulai sebuah tradisi menghadiri acara peringatan hari besar keagamaan dan hari nasional dengan cara berkeliling dari satu daerah ke daerah lainnya, tidak hanya di Jakarta seperti yang biasa dilakukan pemerintah sebelumnya.

Presiden Joko Widodo via republika
Presiden Joko Widodo via republika

Pramono mengatakan hal itu dilakukan Presiden untuk membuktikan komitmen pemerintah yang tidak ingin pembangunan hanya berpusat di Pulau Jawa, tetapi merata dari ujung barat hingga ujung timur Indonesia. Kunjungan tersebut rencananya akan diisi dengan peresmian pasar, bandar udara, dan lainnya.

Pramono mengungkapkan bila Presiden ingin mentradisikan peringatan hari besar dan acara keagamaan dilakukan di daerah. Hal itu sudah dimulai ketika merayakan Hari Raya Idul Fitri di Aceh, memperingati Hari Pahlawan di Surabaya, merayakan Hari Raya Natal di Kupang.

Presiden Joko Widodo rencananya akan terbang ke Papua pada Selasa (29/12). Akan tetapi, sebelum berangkat ke provinsi paling timur Indonesia tersebut, Presiden dijadwalkan akan meresmikan gedung baru milik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan memimpin rapat terbatas untuk membahas masalah energi di Istana Kepresidenan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *