Presiden Akan Lakukan Reshuffle Kabinet Jilid II

Wakil Presiden Jusuf Kalla via detik

Presiden Joko Widodo kembali melakukan pertemuan dengan para petinggi Parpol Koalisi Indonesia Hebat (KIH). Reshuffle kabinet menjadi salah satu yang dibahas dalam pertemuan itu, meski tidak bisa dipastikan kapan Presiden Jokowi akan kembali melakukan perombakan terhadap kabinetnya.

Pengamat Politik Indonesia, Ray Rangkuti menilai memang ada semacam kebutuhan untuk melakukan perombakan kabinet. Kebutuhan yang dimaksud merupakan kebutuhan untuk mendisiplinkan kabinet yang ada, agar tidak lagi terkesan memiliki warna yang berbeda dan malah menimbulkan kontroversi.

Pendiri LSM Lingkar Madani itu berpendapat kebutuhan dilakukannya perombakan kabinet dalam waktu dekat menjadi sangat signifikan dengan kebutuhan mendisiplinkan. Maka itu, koordinasi ataupun silaturahim kepada petinggi-petinggi partai pendukung menjadi sangat penting untuk dilakukan Presiden Joko Widodo sebelum melakukan perombakan kabinet.

Wakil Presiden Jusuf Kalla via detik
Wakil Presiden Jusuf Kalla via detik

Dia menambahkan Reshuffle Kabinet jilid II mungkin diharapkan agar menghilangkan gejolak yang selama ini ada, yang tidak jarang terjadi pada orang-orang yang berasal dari partai-partai pendukung belakangan. Secara tidak langsung, pertemuan-pertemuan itu dilakukan sebagai permintaan mendukung program yang hendak dijalankan pemerintah.

Sementara itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla mengungkapkan fakta menarik terkait pertemuan KIH dengan Presiden Joko Widodo. Pertemuan itu membahas rencana reshuffle kabinet jilid II. Dia tidak memungkiri ada pembahasan soal rencana reshuffle kabinet. Namun dirinya tak mau membocorkan kapan reshuffle kabinet jilid II diumumkan.

“Banyak hal dibicarakan. Masalah ekonomi nasional, bagaimana internasional, bagaimana presiden mau ke Istanbul, bagaimana saya mau ke Manila, gimana ASEAN, jadi diskusi. Kan kita butuh saran dari pimpinan partai. Bahwa masalah politik, masalah reshuffle jadi bagian dari pembicaraan. Tapi presiden bilang memang belum waktunya,” ungkap Wakil Presiden Jusuf Kalla di Kantor Wapres, Jakarta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *