Lacak Keberadaan Monster Dengan Pokemon Spy, Karya Anak Bangsa

Pokemon Go semakin digemari oleh masyarakat dunia, tak terkecuali Indonesia. Game ini semakin memiliki banyak pengguna meskipun tak jarang kejadian aneh menimpa para pemainnya. Untuk meminimalisir hal itu muncullah sebuah aplikasi karya anak bangsa, Pokemon Spy.

Aplikasi karya Jenni Irawan, salah seorang mahasiswi di Sekolah tinggi Teknik Surabaya (STTS) ini mampu menunjukkan keberadaan pokemon dalam radius 10 kilometer. Aplikasi ini hadir sebagai antisipasi dari notifikasi Pokemon Go. Seperti kita ketahui, notifikasi Pokemon Go seringkali tiba-tiba berbunyi saat mendeteksi keberadaan pokemon yang berada di dekat kita. Hal itu membuat para trainer berusaha menangkap pokemon tanpa memperhatikan di mana ia berada.

Jenni mengungkapkan, aplikasi ini dibuatnya setelah melihat banyaknya kejadian-kejadian yang tidak diinginkan menimpa para trainer saat berburu pokemon. Pokemon Spy sendiri berjalan secara real time. Oleh karena itu, informasi yang diberikan pada pemain lebih akurat.

Hasil Uji Coba dan Pengembangan Lebih Lanjut

Jenni Irawan [image source]
Pokemon Spy menunjukkan hasil yang memuaskan pada tahap uji coba. Uji coba dilakukan di kampus STTS. Saat itu pada map aplikasi Pokemon Spy menampakkan keberadaan Pokemon Rattata. Peta tersebut cocok dengan Pokemon Go yang kemudian juga menunjukkan keberadaan Rattata.

Aplikasi ini berhasil dibuat Jenni hanya dalam waktu 4 hari saja. Saat ini aplikasi Pokemon Spy hanya bisa digunakan dalam lingkungan kampus STTS saja. Ke depannya, jika banyak permintaan, Jenni dan dosen pembimbingnya, Reddy Alexandro Harianto berencana akan mengembangkan Pokemon Spy dengan jangkauan seluruh Surabaya. Tak menutup kemungkinan, seluruh Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *