Petisi Online Agar Palestina Muncul di Google Maps

Google Maps adalah aplikasi peta paling populer saat ini. Jutaan umat manusia mengakses aplikasi ini untuk mengetahui letak suatu tempat. Namun, bagaimana jadinya jika aplikasi yang telah dipercaya di dunia ini melakukan kesalahan?

Sebuah petisi online bertajuk ‘Google: Put Palestine On Your Maps!’ menuntut Google untuk memperbaiki kesalahan tersebut. Sejak 25 Juli 2016 lalu, Google telah mengapus Palestina dari Google Maps. Sontak penemuan itu membuat jutaan warga dunia protes.

Jika mencari Palestina di Google Maps, Anda tak akan menemui negara tersebut. Sedangkan negara-negara yang sering berkonflik dengan Palestina, seperti Israel, Lebanon, dan Yordania terdapat di Google Maps. Menurut pembuat petisi, tindakan Google tersebut tidak manusiawi karena dianggap tak mengakui hak warga Palestina yang tengah berjuang atas kemerdekaan negaranya. Seperti dikutip dari Detik, petisi tersebut berbunyi.

‘Negara Palestina tidak muncul di Google Maps. Kenapa demikian? Israel yang didirikan di tanah Palestina jelas-jelas diakui (keberadaannya oleh Google Maps). Tetap tidak demikian dengan Palestina. Menurut Google, Palestina tidak ada. Kelalaian ini (tidak menyebutkan Palestina-red.) adalah penghinaan menyedihkan bagi rakyat Palestina dan merusak upaya jutaan orang yang terlibat dalam kampanye untuk mengamankan kemerdekaan dan kebebasan Palestina dari pendudukan serta penindasan Israel. Ini isu penting, terlebih Google Maps saat ini menjadi rujukan bagi orang-orang di seluruh dunia, mulai dari wartawan, pelajar dan lainnya yang tengah melakukan penelitian terkait situasi Israel-Palestina. Dan entah disengaja atau tidak, Google telah membuat diri mereka terlibat dalam upaya pembersihan etnis Palestina oleh pemerintah Israel.’

Petisi online yang dibuat oleh Zak Martin tersebut telah memiliki dukungan dari sebanyak 124 ribuan orang dan diperkirakan akan terus bertambah. Sampai saat ini masih belum ada

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *