Pesawat Rusia Jatuh Akibat Serangan ISIS

Pesawat Rusia via kompas

Sebuah pesawat milik maskapai penerbangan Rusia, Kolavia mengalami kecelakaan di Sinai, Mesir, Sabtu (31/10). Pesawat dengan nomor penerbangan 7K9268 itu hilang beberapa saat setelah lepas landas dari Bandara Sharm El-Sheikh dalam perjalanan menuju St Petersburg. Kelompok militan ISIS mengklaim bertanggung jawab atas jatuhnya Metrojet Rusia.

Klaim ISIS itu disiarkan lewat pesan pendek dalam akun Twitter mereka yang menyebutkan anggota mereka berhasil membidik pesawat dan menewaskan semua penumpang. Serangan itu merupakan pembalasan terhadap operasi militer Rusia (serangan udara) di Suriah yang menewaskan ratusan umat Islam.

Sebuah rekaman video yang disiarkan kelompok tersebut memperlihatkan sebuah pesawat tiba-tiba terbakar dan jatuh. Namun tak jelas, apakah pesawat dalam video itu benar adalah Metrojet Rusia. Video itu juga belum bisa dibuktikan keabsahannya hingga saat ini. Bahkan, negeri beruang putih pun meragukan keakuratan pengakuan ISIS tersebut.

Pesawat Rusia via kompas
Pesawat Rusia via kompas

“Informasi tersebut tidak akurat. Kami terus saling kontak dengan rekan-rekan di Mesir juga otoritas penerbangan di negara tersebut. Saat ini, mereka tidak memiliki informasi tentang pernyataan itu,” kata Menteri Transportasi Rusia, Maksim Sokolov.

Pesawat Airbus A-321 milik Rusia yang membawa 224 penumpang terjatuh di Sinai, Mesir. Pesawat tersebut lepas landas pada pukul 05.51 waktu setempat dan hilang dari pantauan radar setelah 30 menit mengudara. Reruntuhan pesawat itu ditemukan di daerah Hasana. Kotak hitam penerbangan juga berhasil ditemukan di lokasi yang sama.

Perdana Menteri Mesir menyatakan tak ada aktivitas mencurigakan sebelum pesawat hilang dan ditemukan jatuh di Sinai. Sementara itu, Presiden Rusia Vladimir Putin menyatakan hari Minggu 1 November 2015 sebagai Hari Berkabung Nasional. Putin pun telah memerintahkan penyelidikan resmi terhadap kecelakaan tersebut.

One Comment

Leave a Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *