4 Pemberontak Yang Mencoba Menggoyahkan Indonesia

Pemberontakan APRA, 1950

Merebut kemerdekaan Indonesia dari tangan para penjajah sudah begitu sulit dan usaha untuk mempertahankan keutuhan bangsa setelah merdeka juga tak kalah sulit. Bahkan bukan hanya bangsa asing yang mencoba merongrong kesatuan Negara Republik Indonesia, tapi penduduk asli Indonesia juga ada yang mencoba memberontak karena tak puas dengan pemerintah.

Beberapa pemberontakan bahkan menyebabkan banyak nyawa masyarakat yang tidak berdosa melayang. Ingin tahu pemberontakan apa saja yang pernah terjadi di Indonesia? Berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Pemberontakan APRA, 1950

Apra adalah kependekan dari Angkatan Perang Ratu Adil yang sebagian besar anggotanya berasal dari KNIL. Di bawah pimpinan Kapten Westerling, APRA mencoba melakukan upaya pemberontakan dengan melakukan penculikan terhadap beberapa menteri Republik Indonesia Serikat.

Pemberontakan APRA, 1950
Pemberontakan APRA, 1950 [image source]
Selain penangkapan, mereka juga berencana melakukan pembunuhan terhadap Menteri Pertahanan Sri Sultan Hamengkubuwono IX, Sekertaris Jenderal Kementerian Pertahanan Mr. A. Budiardjo, dan Pejabat Kepada Staf Angkatan Perang Kolonel T.B Simatupang. Alasan kenapa Apra melakukan pemberontakan adalah karena Apra menolak pembubaran dari Republik Indonesia Serikat. Apra yang bermarkas di Jawa barat akhirnya bisa ditumpas, sayangnya Kapten Westerling berhasil melarikan diri ke luar negeri.

2. Pemberontakan Andi Aziz

Dengan alasan yang sama, Andi aziz memimpin sekelompok orang untuk menentang pembubaran RIS, dan mempertahankan Negara Indonesia Timur. Ia juga menentang masuknya pasukan APRIS dan TNI ke Indonesia Timur.

Pemberontakan Andi Aziz
Pemberontakan Andi Aziz [image source]
Pemerintah tak tinggal diam, pada 8 April 1950 dikeluarkan ultumatum yang berbunyi Andi Azizi harus segera melaporkan diri ke Jakarta dalam waktu 1 X 24 Jam. Pasukannya juga harus dilucuti dan semua senjata dikembalikan pada negara. Akhirnya pasukan yang dipimpin oleh Worang, Kolonel A.E Kawilarang dan Letkol Suharto berhasil memadamkan pemberontakan ini Andi Aziz juga ditangkan dan diadili di Yogyakarta.

3. PRRI/Permesta, 1958

Pemberontakan Pemerintahan Revolusioner Republik Indonesia / Perjuangan Rakyat Semesta (PRRI/Permesta) adalah salah satu bentuk ketidak puasan pada pemerintah saat itu. Dengan banyaknya anggota PRRI dan Permesta.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *