4 Pelanggaran Hukum Yang paling Sering Dilakukan Para Pelajar Indonesia

Para pelajar tidak memakai helm

Indonesia adalah negara hukum dan tidak ada yang menyangkal tentang hal itu. Aturan tertulis dan tidak tertulis tiap tahunnya terus ditambah dan dibenahi. Tapi mengapa pada pelaksanaannya hukum di Indonesia masih saja dianngap sebelah mata.

Bahkan para pelajar dibawah umurpun juga ikut-ikutan melanggar aturan yang dibuat untuk kepentingan bersama dan membuat seolah-olah Indonesia menganut hukum rimba. Yang paling banyak terjadi adalah pelanggaran lalu lintas. Selain itu, masih ada beberapa pelanggaran lainnya berikut ini ulasan selengkapnya.

1. Melanggar Peraturan lalu lintas

Sudah bukan pemandangan yang aneh lagi jika jalanan Indonesia juga dipenuhi oleh para pelajar di bawah umur. Dengan dalih kemudahan transportasi menuju sekolah, para orang tua sepertinya mengabaikan resiko bahaya yang akan mengancam anaknya.

Para pelajar tidak memakai helm
Para pelajar tidak memakai helm [image source]
Tak cukup dengan menggunakan motor tanpa surat ijin mengemudi, kadangkala pelanggaran masih ditambah dengan tidak menggunakan helm dan membonceng lebih dari satu orang.

2. Memakai Narkoba

Yang paling miris adalah para pelajar yang mulai ikut-ikutan menggunakan narkoba. Bahkan ada juga siswa SD yang kedapatan sudah menggunakan Narkoba. Menurut catatan pihak kepolisian di akhir tahun 2014 para pelajar yang tertangkap menggunakan narkoba mencapai 1.390 orang.

Memakai narkoba
Memakai narkoba [image source]
Angka tersebut naik dari tahun sebelumnya yang berjumlah 1318 orang. Dari ribuan pengguna narkoba itu ternyata ada 111 orang yang berstatus sebagai siswa sekolah Dasar (SD). Pihak kepolisian saja tidak cukup untuk mencegah narkotika menjangkit para pelajar. Peran aktif orang tua juga sangat diperlukan dalam hal ini.

3. Kekerasan

Yang baru-baru ini sempat menghebohkan publik adalah tersebarnya video amatir yang merekam seorang siswi sebuah SMP Negeri di Binjai Sumatera Utara sedang melakukan kekerasan pada teman satu sekolahnya. Dalam video tersebut terlihat pelaku dengan sengaja menjambak menampar bahkan menendang korban hinga jatuh.

kekerasan dikalangan pelajar
kekerasan dikalangan pelajar [image source]
Video tersebut adalah salah satu contoh dari sekian banyak kasus kekerasan yang terjadi diantara para pelajar.Tentu sudah jelas jika hal itu berlawan dengan hukum. Selain itu, para pelajar Indonesia juga sering melakukan aksi tawuran antar pelajar hanya karena masalah sepele seperti kecemburuan, merasa dihina atau juga masalah percintaan. Jika sudah terjadi seperti yang ada dalam video tersebut, tentu yang rugi bukan cuma korban dan pelaku, orang tua dan sekolahpun juga akan dianggap lalai dalam mengawasi anak didiknya.

4. Pelecehan Seksual

Yang berikutnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *