Pelaku Pembajakan Pesawat Egypt Air Telah Menyerahkan Diri

Pesawat Egypt Air via kompas

Pembajakan sebuah pesawat maskapai penerbangan Mesir Egypt Air di Siprus, Selasa (29/3) yang memicu kekhawatiran publik telah berakhir. Pelaku akhirnya menyerahkan diri kepada otoritas setempat. Pelaku pembajakan terlihat keluar dari pesawat dengan tangan diangkat ke udara. Pelaku sebelumnya memaksa pesawat dengan rute domestik Alexandria-Kairo ini mendarat di Bandara Internasional Larnaca, Siprus.

Juru bicara pemerintah Siprus, Nicos Christodoulides menyebutkan bila pelaku pembajakan pesawat jenis Airbus 320 itu telah ditangkap otoritas setempat. ” Sudah berakhir, pembajak telah ditangkap,” tulis Christodoulides melalui akun Twitter miliknya.

Seif Al-Din Mohamed Mostafa, seorang yang dituduh melakukan pembajakan dan memaksa pesawat milik maskapai penerbangan Mesir Egypt Air mendarat di Bandara Larnaca muncul di pengadilan Siprus, Rabu (30/3). Warga negara Mesir berusia 58 tahun itu muncul terkait dengan permohonan aparat kepolisian setempat pada pihak pengadilan untuk menetapkan masa penahanan selama delapan hari.

Pesawat Egypt Air via kompas
Pesawat Egypt Air via kompas

Mostafa belum akan menghadapi tuntutan hukum sampai muncul kepastian tentang aturan yang disangkakan kepadanya. Setelah itu proses peradilan baru bisa bergulir dan pelaku bisa mengajukan permohonan tentang proses hukum tersebut. Sementara tentang permohonan pihak kepolisian, hakim setempat menyebut akan segera membuat perintah penahanan.

Sebelumnya, aparat menyebutkan bahwa Mostafa mengalami permasalahan psikologis dan ulahnya yang menggemparkan dunia tersebut tidak terkait dengan terorisme. Dia memaksa Airbus 320 yang ditumpanginya dari Alexandria menuju Kairo mendarat di Siprus. Dia juga mengaku membawa bahan peledak dalam sabuk yang dipakai di tubuhnya. Tapi belakangan terungkap bahwa semua ancaman tersebut palsu.

Pihak berwenang pun menjelaskan motif pembajakan itu bersifat personal terkait hubungan Mostafa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *