Otto Cornelis Kaligis Divonis 5,5 Tahun Penjara

Otto Cornelis Kaligis via kompas

Majelis Hakim Pengadilan Tindak Pidana Korupsi menjatuhkan vonis lima tahun dan enam bulan penjara, denda sebesar Rp 300 juta subsidair 4 bulan kurungan kepada terdakwa Otto Cornelis Kaligis. Kaligis terbukti menyuap hakim dan panitera Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) di Medan, Sumatera Utara.

“Mengadili, menyatakan terdakwa Otto Cornelis Kaligis terbukti secara sah dan meyakinkan telah melakukan tindak pidana korupsi sebagaimana dakwaan pertama,” tutur Hakim Ketua Sumpeno saat membacakan amar putusan dalam persidangan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor), Jalan Bungur Besar, Jakarta Pusat, Kamis (17/12).

Majelis Hakim menyatakan Kaligis bersama dengan Moh. Yagari Bhastara Guntur alias Gary terbukti memberikan uang sebesar USD 27.000 dan SGD 5.000 yang berasal dari Gatot Pujo Nugroho dan Evy Susanti. Uang tersebut diberikan dengan maksud mempengaruhi putusan permohonan pengujian kewenangan Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.

Otto Cornelis Kaligis via kompas
Otto Cornelis Kaligis via kompas

Hal tersebut menyangkut penyelidikan tentang dugaan adanya tindak pidana korupsi terkait Bantuan Operasional Sekolah (BOS), Bantuan Daerah Bawahan (BDB), Dana Bantuan Sosial (Bansos), tunggakan Dana Bagi Hasil (DBH), serta Penyertaan Modal pada sejumlah BUMD pada Pemerintah Provinsi Sumatera Utara.

Vonis tersebut lebih ringan daripada tuntutan jaksa penuntut umum KPK. Jaksa sebelumnya menuntut hukuman 10 tahun penjara dan denda sebesar Rp 500 juta subsider empat bulan kurungan. Namun hingga menjelang putusan, Kaligis sendiri masih yakin bahwa dirinya tidak bersalah. “Sampai hari ini saya merasa tidak bersalah,” kata Kaligis.

Kaligis merasa diculik oleh KPK karena tiba-tiba dipanggil paksa untuk diperiksa lalu langsung ditahan. Akibat proses hukum itu, bahkan kantor yang telah dia dirikan puluhan tahun mati perlahan. Kaligis menduga KPK sentimen dengan dirinya karena selama ini kerap menyerang lembaga anti korupsi tersebut.

Otto Cornelis Kaligis terbukti melakukan korupsi yang ancaman pidana yang diatur dalam Pasal 6 ayat 1 huruf a UU Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dengan UU Nomor 20 Tahun 2001 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi juncto Pasal 55 ayat 1 ke-1 KUHP juncto Pasal 65 ayat 1 KUHP.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *