OnePlus X Melenggang Masuk Pasar Tanah Air

OnePlus X via detik

OnePlus X sejatinya sudah diperkenalkan akhir Oktober 2015 di sejumlah negara. Hanya saja baru akhir Maret ini perangkat tersebut melenggang masuk ke pasar smartphone Tanah Air. Ponsel ini merupakan karya ketiga dari OnePlus. Berbeda dengan dua saudaranya, ponsel ini ditujukan untuk kelas menengah. Harganya terjangkau daripada OnePlus 1 dan OnePlus 2.

Meski begitu, hal tersebut tak membuat ponsel ini murahan. Malah sebaliknya, perusahaan yang berbasis di China itu membuatnya tampak seperti ponsel kelas atas. Perusahaan yang didirikan oleh Pete Lau itu membekali OnePlus X dengan prosesor Snapdragon 801 dan RAM 3 GB. OnePlus X juga dibekali kamera belakang sebesar 13 megapixel dengan bukaan f/2.2 dan dilengkapi dengan teknologi Phase Detection Autofocus (PDAF).

OnePlus X hadir dengan desain menawan mengusung material berbahan Onyx Glass. Model ini tampil elegan lantaran bekal bingkai metal bertekstur yang mengelilingi casing kaca bodi berwarna hitam. Desain yang diusungnya cukup sederhana dengan sudut agak membulat. Di bagian belakang hanya ada logo OnePlus di bagian tengahnya. Namun demikian semua itu tidak mengurangi kesan premium. Dari sudut manapun, OnePlus X tampak mewah.

OnePlus X via detik
OnePlus X via detik

Tapi memang permukaan kaca sering meninggalkan noda sidik jari. Untungnya dalam paket penjualannya disertakan case silikon sehingga melindungi ponsel baik dari sidik jari maupun goresan. Saat dalam genggaman, ponsel ini tidak licin seperti umumnya ponsel dengan layar kaca dan bingkai metal. OnePlus X terasa nyaman, mantap, kokoh. Mungkin itu disebabkan bobotnya yang ringan sebesar 138 gram dan bingkai metal bertekstur.

Penempatan tombol pun cukup pas sehingga bisa diakses dengan mudah oleh jari. Terlebih apabila menggunakan tangan kiri, jari telunjuk untuk akses tombol power. Jari tengah untuk mengatur volume. Sementara ibu jari untuk menaik turunkan tombol silent mode. OnePlus X hadir dengan tombol fisik berjumlah minim yang hanya dapat ditemukan di sisi kanan dan kiri dengan slot kartu SIM dan micro SD berbalut bahan serupa bingkai bodi.

OnePlus X juga menyematkan lubang speaker dan mikrofon di sisi bawah perangkat. Lubang ini mengapit port micro USB yang berfungsi sebagai port charger. Kamera terdapat di sudut kanan atas belakang dan jack audio di sisi atas perangkat. Adapula lampu indikator di bagian kanan atas layar, ada delapan pilihan warna yang bisa dipilih. Sementara itu di bawah layar terdapat beberapa tombol kapasitif seperti back, home, dan recent.

Sayangnya tanda tombol tersebut tidak begitu terlihat sehingga sulit dikenali, ditambah juga dengan tidak tersedianya backlight. Jadi akhirnya pada saat digunakan ketika suasana gelap pengguna harus meraba-raba. Untungnya, OnePlus X menyediakan opsi untuk mengaktifkan tombol virtual sehingga menjadikannya masuk ke dalam jajaran ponsel terbaik di kelasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *