4 Negara Paling Sehat Sedunia, Indonesia Masuk Nggak Ya?

Pola makan penduduk Jepang

Di beberapa negara ini sebagian besar penduduknya memiliki umur panjang. Kenapa bisa begitu? Ternyata, pola hidup sehat dan kondisi geografis yang bebas dari berbagai macam polusi menjadi alasan kuat yang membuat penduduknya memiliki tubuh yang sehat.

Sehingga penyakit-penyakit kronis pun jarang ditemui di negara-negara ini. Ingin tahu negara mana saja yang dijuluki negara paling sehat? Simaklah informasi beriku ini.

1. Islandia

Dikutip dari majalah Forbes, Islandia adalah negara yang paling sehat di dunia. Negara beriklim dingin ini memiliki jumlah penduduk yang tidak banyak, sehingga udara di Islandia tergolong bersih dan terhindar dari polusi.

Islandia
Islandia [image source]
Selain itu, Penduduknya juga memiliki budaya hidup sehat, rajin berolahraga dan lebih suka mengkonsumsi makanan sehat. Menurut penelitian angka kematian bayi di negara ini juga sangat rendah yaitu 2 diantara 1000 kelahiran bayi.

2. Jepang

Jepang masuk dalam kategori negara paling sehat karena rata-rata orang jepang hidup di atas umur 74,5 tahun. Rahasia di balik umur panjang tersebut adalah kegemaran orang Jepang mengkonsumsi makanan sehat seperti sushi dan ikan-ikan laut.

Pola makan penduduk Jepang
Pola makan penduduk Jepang [image source]
Orang Jepang juga memiliki kebiasan makan yang bagus yaitu berhenti makan saat 80 persen dari perutnya dirasa sudah terisi, 10 menit kemudian barulah diputuskan apakah mau lanjut atau berhenti makan.

3. Swedia

Penduduk Swedia juga termasuk penduduk yang sehat karena jarang sekali ada yang terjangkit penyakit serius di negara ini. Lingkungan alamnya pun sejuk dan bebas polusi karena dikelilingi oleh perbukitan dan gunung. Pemerintah Swedia sangat gencar menganjurkan pendudukanya menerapkan pola hidup sehat.

Wilayah Swedia
Wilayah Swedia [image source]
Pemerintah Swedia mengeluarkan kebijakan yang mewajibkan penduduknya menjaga keseimbangan antara bekerja dan berlibur. Selain itu, pengolahan makanan di negara ini juga tergolong sehat karena makananya diolah dengan direbus, fermentasi, diasap atau dikeringkan. Jarang ada yang memsaknya dengan cara di goreng.

4. Selandia Baru

Sama halnya dengan Islandia, Selandia Baru juga memiliki udara bersih yang terbebas dari polusi udara, penduduknya juga tak banyak. Sebagian besar penduduknya lebih suka menanam sendiri bahan makanan mereka.

Selandia Baru
Selandia Baru [image source]
Sehingga makanan yang mereka konsumsi selalu segar, sehat dan bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya. Olahraga juga sudah menjadi budaya penduduk Selandia Baru terutama jenis olahraga hiking, berkemah atau hanya sekedar memancing.

Itulah empat negara yang tergolong paling sehat sedunia. Penduduk di empat negara tersebut mempunyai kesamaan dalam menjaga kesehatan mereka. Yaitu dengan menerapkan pola hidup yang sehat. Mengkonsumsi makanan yang sehat dan bebas dari bahan kimia berbahaya dan tak ketinggalan juga olahraga teratur. Menjaga kebersihan lingkungan juga sangat penting agar dimana pun kita berada udara yang kita hirup adalah udara yang sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *