Rapper Malaysia Namewee Dianggap Melecehkan Islam Lewat Lagu ‘Oh My God’

Agama merupakan hal yang sensitif ketika dikaitkan dengan seni. Belakangan ini rapper Malaysia, Namewee ditangkap karena dianggap melecehkan agama Islam lewat lagunya yang berjudul ‘Oh My God’. Lagu berbahasa Mandarin dan berdurasi sekitar 4 menit tersebut dianggap melecehkan agama Islam karena di dalamnya terdapat kata ‘Allah’ dan suara adzan.

Dalam video tersebut, Namewee dan penyanyi lainnya memakai kostum yang merepresentasikan beragam kultur dan agama. Mereka bernyanyi di dalam masjid, gereja, wihara, pura, dan tempat beribadah agama Tao.

Saat ini versi awal video ‘Oh My God’ sudah dihapus dari You Tube dan diganti dengan versi terbaru yang tak menunjukkan bagian di depan sebuah masjid. Menanggapi hal tersebut, Namewee mengunggah sebuah video pernyataan di akun You Tube-nya yang mengatakan bahwa ia hanya ingin menujukkan kehidupan harmonis antar umat beragama.

Namewee yang juga terkenal di Taiwan dikenal sebagai sosok yang sering bersinggungan dengan hukum karena kontroversi yang dilakukannya. Pada tahun 2007 lalu ia pernah mengunggah sebuah video lagu kebangsaan Malaysia yang mengandung lirik tak senonoh. Video tersebut didedikasikan untuk rakyat dan pemerintah Malaysia.

Malaysia memang terkenal ketat mengenai hal-hal yang bersinggungan dengan agama Islam. Awal tahun ini sebuah poster film Hong Kong yang beredar di sana tak luput dari perhatian pemerintah Malaysia. Mereka menghapus gambar manusia setengah babi karena hewan tersebut haram dalam agama Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *