Musim Depan Manchester City Punya Logo Baru

Logo Manchester City via detik

Mulai musim depan Manchester City akan mempunyai logo klub baru. Logo baru itu secara resmi dipamerkan jelang pertandingan dengan Sunderland di Etihad Stadium, Sabtu (26/12). Logo tersebut muncul dalam layar raksasa dan tercetak di bendera besar yang dibentangkan di salah satu sudut tribun stadion.

Logo baru The Citizens tidak lagi didominasi burung elang, namun dengan desain lingkaran dan tetap bernuansa biru putih. Sejarawan sepak bola Liga Inggris, Gary James mengatakan bahwa pembuatan logo terbaru City telah mempertimbangkan aspek historis klub dan tidak membuang makna di balik simbol-simbol yang telah lama digunakan.

Logo itu terpilih setelah dilakukan konsultasi selama 30 hari antara klub, konsultan, dan juga melibatkan penggemar. “Saya paling senang bahwa apa yang muncul merupakan logo yang dapat orisinil dan modern. Logo yang otentik untuk klub dan kota Manchester, tapi dengan masa depan jelas dan sebuah sentuhan seni,” kata Gary James, Minggu (27/12).

Logo Manchester City via detik
Logo Manchester City via detik

Penjaga gawang Joe Hart mengaku tidak sabar mengenakan jersey dan semua atribut klub dengan logo anyar itu. “Saya benar-benar tidak sabar untuk segera memakainya. Ini sesuatu yang baru dan inilah yang saya sangat suka dari klub ini dan perjalanan yang telah saya lalui semenjak bergabung di sini,” ucap Joe Hart.

Logo baru tersebut rencananya akan mulai tertempel di jersey Manchester City mulai musim panas 2016. Berbentuk lingkaran putih dengan list biru, pada bagian tengah logo terdapat perisai bergambar kapal laut dengan warna emas di sisi atas, dan mawar merah di bagian bawah yang mengandung banyak nilai-nilai sejarah klub.

Kapal laut itu juga dapat didapati dalam logo resmi kota Manchester. Kapal itu merupakan representasi dari Manchester Ship Canal. Sementara itu, mawar merah pada bagian bawah perisai dikenal sebagai Red Rose of Lancaster yang juga terdapat di simbol kota Manchester. Logo baru ini sebenarnya sudah pernah dipakai pada periode 1972 sampai 1997.

Logo baru ini akan menggantikan logo sebelumnya berwujud elang emas yang mulai dipakai sejak 1997. Selama 121 tahun, City sudah berulang kali ganti logo. Di awal kemunculannya, City memakai logo yang sama dengan milik kota Manchester. Satu logo lain yang mereka punya mirip dengan logo yang terbaru, bedanya hanya tiga garis di bagian bawah perisai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *