4 Serba-serbi Menarik Tentang Mudik 2016 yang Perlu Anda Ketahui

Tak terasa Ramadan 2016 akan segera berakhir. Ibadah puasa yang hanya kurang beberapa hari ini membuat kita tak sabar ingin segera bertemu dengan hari yang fitri. Ya, Idul Fitri adalah hari yang kita tunggu setelah menjalani ibadah puasa sebulan lamanya.

Hal yang identik dengan Idul Fitri adalah mudik. Acara pulang kampung ini dilakoni setiap tahun oleh beberapa orang di Indonesia. Setiap tahun selalu ada kesan tersendiri bagi yang menjalankannya. Bagi Anda yang tak menjalankannya, tak perlu khawatir. Kali ini Dahsyat akan berbagi serba-serbi menarik tentang mudik 2016.

1. Mudik 2016 Menjadi Google Doodle

Google doodle mudik 2016 [image source]
Google doodle mudik 2016 [image source]
Raksasa internet Google menjadikan momen mudik 2016 kali ini lebih berkesan. Laman pencarian yang biasanya hanya bertuliskan ‘Google’, kini tampil semakin apik dengan ilustrasi mudik 2016. Jika membuka laman google, Anda akan mendapati gambar beberapa orang yang tampak bersiap akan mudik. Seorang pemudik pria mengendarai motor dengan kotak berhuruf ‘G’ di belakangnya. Kemudian tampak sebuah keluarga dengan sang ayah dan ibu yang masing-masing membawa kotak dengan huruf ‘O’. Disusul dengan gambar ibu dan anak yang duduk di atas huruf ‘G’ dan tiang rambu lalu lintas yang melambangkan huruf ‘L’. Paling ujung, seorang bapak meletakkan huruf ‘E’. Rangkaian huruf tersebut membentuk kata ‘Google’.

2. 900 Ribu Kendaraan Meninggalkan Jakarta

Kendaraan padat [image source]
Kendaraan padat [image source]
Penduduk Jakarta kebanyakan berasal dari daerah. Maka tak heran ketika lebaran, suasana ibu kota menjadi lengang karena banyaknya orang yang mudik. Di mudik 2016 ini, juru bicara PT. Jasa Marga Dwimawan Heru Santoso mengungkapkan kenaikan jumlah pemudik dari Jakarta. Pertumbuhan tersebut menurutnya mencapai angka 23,52 persen.

“Sekitar 900 ribu kendaraan mudik telah meninggalkan Jakarta melalui Jalan Tol Jagorawi, Jakarta-Tangerang, dan Jakarta-Cikampek,” ungkapnya dilansir dari Tempo.

Diperkirakan, ratusan kendaraan tersebut menuju jalur utara, tengah, dan selatan arah Jawa Barat hingga Jawa Tengah dan Jawa Timur.

3. Konsumsi Listrik Jakarta Turun Hingga 50 Persen

ILustrasi pembangkit listrik [image source]
ILustrasi pembangkit listrik [image source]
Tak hanya jumlah kendaraan saja yang berkurang di Jakarta, konsumsi listrik pun ikut turun saat mudik 2016 ini. Data Pusat Pengatur Pembangkit (P2B) memprediksi penurunan konsumsi listrik hingga 50 persen di wilayah Jakarta. Semula konsumsi listrik Jakarta sebesar 10.065 Megawatt (mw), saat Idul Fitri nanti bisa saja menjadi 5032,5 mw. Karena hal tersebut pihak PLN Jakarta harus melakukan pengaturan ulang distribusi listrik serta mengistirahatkan beberapa pembangkit listrik saat mudik 2016 dan Idul Fitri 2016. Pembangkit listrik yang diistirahatkan selama mudik 2016 ini antara lain PLTU Suralaya 1, PLTU Suralaya 2, PLTU Suralaya 5, PLTU Suralaya 8, dan PLTU Muara Karang 5.

4. Pasokan Bahan Bakar Minyak Dijamin Aman

Bahan bakar minyak [image source]
Bahan bakar minyak [image source]
Salah satu yang perlu dipertimbangkan saat musim mudik 2016 adalah bahan bakar. Hal ini sangat berpengaruh pada kecepatan kita mencapai kampung halaman. Tak terbayang ketika kita kehabisan bahan bakar dan harus berkeliling dari satu pom ke pom lainnya. Tapi, Anda tak perlu khawatir lagi. Pasokan bahan bakar minyak saat mudik 2016 bagi semua wilayah dijamin oleh pertamina. Dilansir dari CNN Indonesia, Direktur Pemasaran Pertamina Ahmad Bambang mengatakan jumlah pasokan di atas 20 hari, atau lebih tinggi daripada stok normal, yaitu 17 hari.

Nah, itulah serba-serbi unik mudik 2016 ini. Semoga informasi tersebut membuat mudik 2016 Anda semakin lancar. Jangan lupa untuk selalu waspada dan mematuhi peraturan lalu lintas saat berkendara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *