Tinggalkan Kenikmatan Dunia, Miliarder Ini Putuskan Jadi Biksu

Liu Jingchong Miliarder Asal China

Disaat ratusan ribu orang saling berebutan pekerjaan, lelaki yang berasal dari China ini malah meninggalkan segala rutinitas beserta kekayaannya. lelaki yang bernama Liu Jingchong ini lebih memilih menjadi seorang biksu budha.

Mantan pengusaha manufaktur dan tekstil ini menjual seluruh kekayaan yang berupa sebuah rumah mewahh, 7 mobil mewah dan juga sebuah tempat wisata. Ia meninggalkan segala kesibukannya di kota Guangdong dan berpindah ke gunung setelah mengalami kecelakaan lalu lintas.

Menghabiskan waktu untuk membaca dan menggambar kaligrafi
Menghabiskan waktu untuk membaca dan menggambar kaligrafi [Image Source]
Memang kecelakaan tersebut tak memberikan luka pada dirinya dan temannya. Namun, kendaraan yang ia gunakan harus diganti. Sehingga saat itu Liu memilih untuk menginap di sebuah hotel. Bermula dari sebuah buku yang ia baca di kamar hotel, hatinya tergerak untuk memperlajari filsafat Budha.

Dari filsafat yang mengatakan bahwa materi hanya membuat manusia menderita, menginginkan sesuatu yang diinginkan, ia mulai ketagihan untuk belajar Budha. Akhirnya ia memilih pergi ke gubuk yang ia beli di kawasan terpencil di provinsi Shaanxi.

Memutuskan meninggalkan segala hal tentang dunia
Memutuskan meninggalkan segala hal tentang dunia[Image Source]
Selama 2 tahun hidup digunung, Liu hampir tak mengeluarkan uang sepeserpun. Hidupnya bangkit bersama dengan matahari dan tidur bersama bulan. Ia hanya menanam sayur-sayuran dan membeli tepung dan beras untuk makan. Selebihnya, Liu hanya bertapa dan membaca buku Buddha dan berlatih menggambar kaligrafi.

Banyak orang yang mengatakan bahwa miliarder ini hidup sendiri dan tak ingin diganggu. Pada kenyataannya ia sangat senang jika ada seseorang yang menemui. Ia juga senang jika tamu-tamunya mau berbagi pengalaman.

Menjadi juru masak di dapur umum
Menjadi juru masak di dapur umum [Image Source]
Setelah bertemu dengan seroang Bhikku, Liu berpindahnya ke Kuil Baochan, Hanshan, China Timur Provinsi Anhui. Ia juga mencukur semua rambut di kepala dan memutuskan untuk menjadi biksu. Tak jadi seorang miliarder lagi, lelaki 37 tahun ini kini bekerja sebagai juru masak di dapur umum.

Wah, tidak semua orang mau meninggalkan kekayaannya walau hanya secuil. Bagaimana reaksimu jika hal ini terjadi pada dirimu?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *