Menopause Pada Wanita Kini Bisa ‘Disembuhkan’

Wanita usia lanjut suatu saat akan mengalami menopause. Siklus menopause ini biasanya ditandai dengan kekeringan di bagian vagina dan berkeringat di malam hari. Beberapa wanita bahkan, memulai siklus ini jauh sebelum usia 50 tahunan.

Memasuki siklus menopause berarti merupakan akhir dari masa reproduktif. Namun, sebuah penelitian terbaru mengklaim bahwa mereka berhasil membalikkan menopause. Bagi para wanita yang mengalami menopause dini, mereka tak perlu lagi memikirkan masalah kesuburan.

“Cara baru menawarkan harapan baru bagi wanita. Cara baru juga bisa membuat wanita hamil menggunakan materi genetik mereka sendiri,” ungkap ginekolog Konstantinos Sfakianoudis.

Dikutip dari CNN Indonesia, Peneliti menggunakan Platelet rich plasma (PRP) yang memacu pertumbuhan jaringan tisu dan pembuluh darah. Dan ini akan mempercepat perbaikan tulang yang rusak serta otot dengan menstimulasi regenerasi jaringan tisu.

Mereka menyuntikkan PRP ke dalam ovarium perempuan yang sudah menopause. Hasilnya obat ini berhasil memutar kembali siklus menstruasi sehingga mereka kembali datang bulan.

Dari periode datang bulan yang berhasil dipulihkan kembali ini, peneliti mengumpulkan sel telur yang subur. Hal ini menyebabkan semakin tingginya kemungkinan mereka bisa memiliki anak lagi.

Penelitian ini dipresentasikan pada European Society of Human Reproduction dan pertemuan Embriologi tahun ini. Objek penelitian mereka adalah 30 orang wanita menopause berusia antara 46 dan 49 tahun. Hasilnya, 2 per 3 dari wanita tersebut mengalami siklus menstruasi kembali.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *