Melihat Gerhana Matahari Total Dengan Kacamata Khusus

Melihat Gerhana Matahari Total Dengan Kacamata Khusus via metrotvnews

Gerhana matahari total akan terjadi di sebagian wilayah Indonesia, Rabu (9/3). Kejadian ini tentu mengundang banyak wisatawan lokal maupun mancanegara. Jika kalian ingin melihat gerhana matahari itu, kalian wajib memperhatikan faktor keselamatan mata karena melihat gerhana matahari secara langsung telah dipastikan dapat merusak mata.

Salah satu cara yang termudah dan praktis adalah dengan menggunakan kacamata gerhana matahari. Kacamata tersebut diklaim melindungi mata penggunanya dari cahaya berbahaya gerhana matahari. Kacamata ini biasanya banyak dijual di lokasi melihat gerhana. Kacamata solar eclipse glasses berbahan polimer dijual di toko buku Gramedia Balikpapan, Makassar, Ternate, Bengkulu, Palembang, Bangka, Banjarmasin, Pontianak, Jambi, dan Bintaro.

Sayangnya, tidak semua kacamata gerhana matahari aman untuk mata. Pada saat gerhana matahari tahun 2001 yang terjadi di Zambia, Zimbabwe, Malawi, Mozambique, Madagascar, pihak keamanan setempat berhasil menemukan setidaknya 5000 kacamata gerhana palsu.
Menurut artikel resmi yang dirilis NASA, tidak semua filter ultra violet (UV) yang digunakan di kacamata gerhana matahari dapat benar-benar memblokir sinar infra merah.

Melihat Gerhana Matahari Total Dengan Kacamata Khusus via metrotvnews
Melihat Gerhana Matahari Total Dengan Kacamata Khusus via metrotvnews

Daripada menggunakan kacamata, NASA justru lebih menganjurkan menggunakan nomor14 Wielder’s Glass atau kacamata yang biasa digunakan pekerja las dan konstruksi bangunan. Kacamata tersebut biasanya dapat diperoleh di toko-toko peralatan konstruksi. Selain itu, NASA juga menganjurkan kacamata gerhana matahari yang menggunakan bahan aluminized mylar yang dibuat khusus untuk kebutuhan melihat gerhana matahari.

Kacamata berbahan aluminized mylar dilapisi oleh lapisan pelindung berwarna metalic silver yang dapat meredam laju sinar infra merah yang ditimbulkan dari gerhana. Sementara itu, beberapa kacamata yang sangat tidak direkomendasikan oleh NASA untuk melihat gerhana adalah film foto berwarna dan hitam putih, film foto yang telah memiliki gambar, potongan hasil foto X-Ray, kacamata hitam (sunglass), dan filter kamera.

NASA mengatakan bahwa rasa tidak sakit pada mata ketika melihat gerhana menggunakan kacamata bukan berarti mata dalam keadaan aman. Untuk itu, pastikan bahwa kacamata yang digunakan benar-benar memiliki sertifikasi yang jelas dan dijual di tempat terpercaya, seperti produsen atau distributor peralatan astronomi terkemuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *