4 Mata Uang Yang Telah Punah

Mata uang Zimababwe

Uang tidak bisa dilepaskan dari perekonomian suatu negara. Nggak akan kebayangkan bila saat ini kita hidup tanpa adanya uang? Mungkin kita masih harus repot-repot membawa beras ke pasar untuk menukarkannya dengan buah-buahan atau barang lain yang kita inginkan.

Seiring berjalannya waktu, berbagai macam mata uang terus bermunculan, tapi yang tenggelam alias punah tak terpakai lagi juga tak sedikit. Berikut ini dahsyat telah mengambil 4 contoh mata uang yang telah punah.

1. Dollar Zimbabwe

Sehobi-hobinya Anda berbelanja, Anda mungkin tidak akan sampai membawa uang hingga triliunan ke pasar bukan? Tapi jika Anda adalah penduduk Zimbabwe, hal itu mungkin saja terjadi. Karena krisis ekonomi dan inflasi besar-besaran, Zimbabwe terpaksa harus mengeluarkan pecahan $ 100.000.000.000.000 (100 triliun dolar), uang lokal ini menjadi nominal yang terbesar di dunia.

Mata uang Zimababwe
Mata uang Zimababwe [image source]
Pemerintah Zimbabwe terpaksa mengeluarkan kebijakan untuk menonaktifkan mata uang lokal dan beralih ke mata uang asing. Hal itu dilakukan sejak pertengahan Juni kemarin. Penduduk Zimbabwe diberi waktu hingga Bulan September untuk menukarkan uang mereka ke Dollar Amerika Serikat atau mata uang Afrika Selatan.

2. Mata Uang Emas dan Perak

Mundur jauh ke masa lalu di Zaman kuno, Nusantara juga sudah mengenal mata uang dan memiliki sistem perekonomian yang kuat, sehingga membawa kemakmuran bagi rakyat-rakyatnya. Salah satu kerajaan yang mencetak mata uang adalah Kerajaan Majapahit. Hal ini menunjukkan jika di masa lalu, Nusantara sudah tumbuh menjadi peradaban yang cerdas.

Uang Zaman Majapahit
Uang Zaman Majapahit [image source]
Uang itu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *