Masyarakat Dunia Peringati Hari AIDS Sedunia

Peringatan Hari AIDS Sedunia via okezone

Pada tanggal 1 Desember setiap tahunnya, masyarakat di seluruh dunia memperingati Hari AIDS Sedunia. Hal tersebut dilakukan untuk menumbuhkan kesadaran terhadap wabah AIDS di seluruh dunia. Peringatan Hari AIDS Sedunia dilakukan dengan berbagai aksi dan kegiatan sosial yang dilakukan oleh berbagai komunitas di seluruh dunia.

Kegiatan sosial tersebut biasanya meliputi kampanye mengenai bahaya dan penularan virus HIV AIDS di jalan-jalan ibukota masing-masing negara hingga melakukan berbagai kegiatan amal untuk membantu meringankan beban baik secara materi maupun psikologis penderita virus HIV AIDS atau yang dikenal dengan ODHA (Orang Dengan HIV AIDS).

Awalnya, Hari AIDS Sedunia pertama kali dicetuskan pada Agustus 1987 oleh James W. Bunn dan Thomas Netter yang merupakan dua pejabat informasi masyarakat untuk Program AIDS Global di World Health Organization (WHO) milik PBB di Jenewa, Swiss. Tetapi konsep untuk memperingati hari menumbuhkan kesadaran akan AIDS digagas pada pertemuan lain.

Peringatan Hari AIDS Sedunia via okezone
Peringatan Hari AIDS Sedunia via okezone

Pertemuan itu adalah Pertemuan Menteri-Menteri Kesehatan Sedunia yang membahas soal program-program untuk pencegahan AIDS pada 1988. Sejak saat itu, organisasi-organisasi internasional dan yayasan amal di seluruh dunia mulai memperingati Hari AIDS Sedunia tiap tanggal 1 Desember setiap tahunnya.

Lebih dari 35 juta orang di seluruh dunia terinfeksi HIV yang dapat dicegah dan diobati. Ilmu medis telah melewati perjalanan panjang sejak status HIV positif otomatis merupakan vonis hukuman mati. Saat ini, mereka yang hidup dengan HIV (ODHA) dapat mengkonsumsi obat antiretroviral sehingga mustahil menularkan pada orang lain.

Selain itu, pil baru bisa mencegah non-ODHA terinfeksi. Pusat Pengawasan dan Pencegahan Penyakit di Amerika Serikat (CDC) mengatakan bahwa pil pre-exposure

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *