4 Merek Batik Paling Populer di Indonesia

Batik Keris

Hari ini tanggal 2 Oktober adalah Hari Batik Nasional. Penetapan hari istimewa ini adalah untuk memperingati batik yang telah dinyatakan sebagai warisan asli Indonesia oleh UNESCO pada tanggal 2 Oktober 2009 Silam. Kita semua tahu bahwa batik adalah harta yang yang sangat berharga, bahkan negara tetangga pun ikut-ikutan menyebut batik sebagai budaya asli mereka.

Tapi dengan keputusan dari UNESCO tersebut, akhirnya batik tidak bisa lagi diklaim oleh bangsa lain. Dalam perkembangannya batik sudah merambah ke dunia industri. Beberapa merek bermunculan dan memproduksi kain batik secara massal. Dari sekian banyak merek berikut ini adalah empat batik yang paling terkenal tak hanya di Indonesia tapi juga di luar negeri.

1. Danar Hadi

Batik Danar Hadi merupakan perusahaan batik yang telah melebarkan sayapnya sejak tahun 1967. Awalnya Danar Hadi didirikan oleh pasangan suami istri H. Santoesa Dullah dan Hj. Danarsih Santosa. Santoesa sendiri adalah keturunan H. Bakri salah seorang tokoh Serekat Dagang Islam yang aktif di masa pergerakan nasional.

Batik Danar Hadi
Batik Danar Hadi [image source]
Perusahaan Danar Hadi saat ini telah berkembang pesat dan menjadi aset nasional yang terus berkreasi dengan desain-desain batik yang keren, tapi tetap kental dengan nuansa tradisional Nusantara. Tak hanya Batik, Danar Hadi juga mempunyai cabang perusahaan di bidang furnitur, museum batik, tempat pernikahan, serta restoran.

2. Batik Keris

Batik keris juga mengawali kejayaannya sejak puluhan tahun yang lalu. Tepatnya di tahun 1947 pasangan alm. Kasom Tjokrosaputro dan Ibu Gaitini yang telah belajar teknik membatik dari orang tuanya, bertekad ingin melestarikan buadaya indonesia di samping melebarkan usaha.

Batik Keris
Batik Keris [image source]
Berawal dari toko pakaian yang diberi nama “Keris” di Jln. Kom. Yos Sudarso di Solo, kini Batik Keris sudah menjadi sebuah merek dagang yang cukup populer dan mendapatkan tempat di hati para pelanggan menengah ke atas.

3. Batik Semar

Di tahun yang sama dengan berdirinya Batik Keris, Seorang pengrajin batik bernama Somadi Kasigit juga mengawali usahanya membuat dan menjual batik. Awalnya batik milik Somadi terkenal dengan sebutan Batik Bodronoyo. Bodronoyo sendiri adalah nama lain dari Semar seorang tokoh pewayangaan dalam budaya Jawa. Dalam perkembanganya nama Batik Semar lebih terkenal daripada Batik Bodronoyo sendiri.

Batik Semar
Batik Semar [image source]
Bersama istrinya Elia, Somadi mulai mengembangkan usahanya yang semula hanya sebatas batik tulis saja,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *