Mantan Anggota DPR Noriyu Laporkan Adanya KDRT

Noriyu via kompas

Mantan anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat (PD) Nova Riyanti Yusuf atau yang lebih dikenal dengan nama Noriyu melaporkan suaminya yang tidak lain adalah anggota DPR dari Fraksi Gerindra Soepriyatno ke Polda Metro Jaya dengan laporan dugaan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT), Selasa (1/12).

Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Krishna Murti membenarkan adanya laporan dari Noriyu ini. “Betul ada laporan dari Noriyu atas dugaan kekerasan dalam rumah tangga terhadapnya. Penyidik masih memeriksa yang bersangkutan sebagai pelapor,” kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Krishna Murti, Rabu (2/12).

Dokter spesialis psikiatri ini juga sudah menjalani pemeriksaan polisi di Ditreskrimum Polda Metro Jaya setelah membuat laporan polisi. Noriyu menjalani visum untuk melengkapi alat bukti dalam laporan dengan dugaan KDRT tersebut. “Betul ditangani Subdirektorat Renakta (Remaja Anak dan Wanita),” lanjutnya.

Noriyu via kompas
Noriyu via kompas

Tim penyidik Polda Metro Jaya masih mendalami hasil visum anggota DPR RI periode 2009-2014 itu. Polisi juga akan meminta keterangan saksi dan memeriksa alat bukti lainnya untuk melengkapi hasil visum tersebut. Hasil visum terhadap Noriyu ini sudah ke luar. Dalam hasil visum itu hanya menggambarkan bekas luka dan sebab luka.

Namun, Krishna tidak mengungkapkan bekas luka apa yang dialami Noriyu dan sebab luka tersebut berdasarkan hasil visum. “Jadi nanti ini akan ada peristiwa lain yang mendahului. Karenanya akan didalami lebih dulu. Visum sudah keluar. Tapi kalo visum tidak menjelaskan ciri-ciri kekerasan fisik. Visum menjelaskan bentuk luka dan sebab luka,” ujarnya.

Pihak Kepolisian juga belum dapat menentukan apakah suami Noriyu pantas diduga telah melakukan kekerasan dalam rumah tangga atau tidak. “Kalau pun salah kan misalnya cukup bukti harus diproses dan kami belum menyentuh kepada terlapor karena mau melengkapi alat-alat bukti terlebih dahulu,” pungkasnya.

Soepriyatno dan Nova Riyanti Yusuf resmi menikah pada awal tahun ini di Rumah Maroko, Menteng, Jakarta. Soepriyatno saat ini duduk sebagai anggota Komisi IX DPR. Di DPR periode sebelumnya, Soepriyatno adalah Wakil Ketua Komisi IX. Di DPR periode sebelumnya, Noriyu juga duduk sebagai Wakil Ketua Komisi IX.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *