Manor Memecat Will Stevens, Peluang Rio Haryanto Makin Terbuka Lebar

Rio Haryanto via republika

Peluang Rio Haryanto untuk membalap di ajang Formula Satu (F1) akhirnya terbuka lebar. Tim yang bermarkas di Inggris tersebut secara resmi memecat Will Stevens setelah kubu Rio membayar dana sebesar 10 juta poundsterling. Rio mengamankan kursi kedua untuk seri balapan musim depan. Pengumuman resmi pembalap Manor sendiri bakal dirilis ketika tes pra-musim di Barcelona minggu depan.

Setelah melalui periode yang sulit dalam mengumpulkan dana, Rio akhirnya bisa melakukan pembayaran sesuai yang disyaratkan Manor. Rio pun harus membayar 15 juta poundsterling kepada Manor Grand Prix Racing Ltd, selaku tim balap jet darat yang bakal membawanya ke lintasan F1. Pembayaran awal senilai Rp 45 miliar sudah lunas pada pekan lalu. Selain itu, Pertamina juga memberikan jaminan Rp 78 miliar.

Rio Haryanto via republika
Rio Haryanto via republika

Stevens kehilangan kursinya di ajang balapan jet darat itu setelah Rio Haryanto menyetor 10 juta poundsterling atau setara dengan Rp 192 miliar untuk menggantikan posisi pembalap asal Inggris tersebut. Sedangkan Stevens sendiri hanya membayar uang muka sebesar 6 juta poundsterling. Sejak musim balap tahun lalu berakhir, publik memang makin menanti siapa saja yang akan menjadi pembalap tim Manor.

Sebelumnya, satu nama pembalap telah dikantongi Manor yakni Pascal Wehrlein. Ia menjadi perekrutan terakhir Manor setelah mendapat empat nama untuk melengkapi line up musim ini. Ketiga pembalap lainnya adalah Alexander Rossi, Will Stevens, Rio Haryanto. Namun, Manor perlu merampingkan timnya untuk mendampingi Wehrlein. Stevens yang berusia 24 tahun dipercaya akan bergabung dengan kompetitor Manor asal Amerika.

Rio Haryanto belum dapat memastikan berapa banyak seri balapan yang akan diikuti nanti, mengingat tinggal dia bersama Alexander Rossi (Amerika Serikat) yang berpeluang mengisi slot kursi kedua Manor. Dengan ditendangnya Will Stevens dari tim Manor, praktis hanya ada tiga pembalap Inggris yang mewarnai lintasan F1 musim depan yaitu Jolyon Palmer, juara dunia Lewis Hamilton (Mercedes) dan Jenson Button (McLaren).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *