Ini Manfaat Kebiasaan Menghisap Jempol dan Menggigit Kuku

Anak kecil biasanya punya kebiasaan menghisap jempol dan menggigit kuku. Kebiasaan ini seringkali membuat mereka menjadi bulan-bulanan para orang tua. Beragam penyakit bisa menjangkit sang anak kalau mereka terus melakukan kebiasaan ini. Begitulah yang ada di benak para orang tua.

Kebiasaan menghisap jari ini ini sebenarnya sudah dilakukan bayi sejak ada dalam kandungan. Menurut penelitian terbaru, kebiasaan menghisap jempol dan menggigit kuku akan meningkatkan resiko terjangkit mikroba pada anak usia 5 sampai 11 tahun, tapi itu tak selamanya buruk.

Dilansir dari The New York Times sebuah studi yang diterbitkan oleh Journal Pediatrics menyatakan bahwa, anak yang terbiasa menghisap jempol dan menggigit kuku memiliki kemungkinan alergi yang kecil. Hal tersebut kemudian berhubungan dengan kekebalan tubuh seseorang.

Kebiasaan menggigit kuku [image source]
Kebiasaan menggigit kuku [image source]
Hal ini telah dibuktikan dengan kajian berkala pada 1.000 orang di Selandia Baru. Kebiasaan menghisap jempol dan menggigit kuku dapat mencegah alergi pada mereka yang berusia 5 sampai 32 tahun. Awalnya dilakukan pengetesan saat mereka berumur 13 tahun, kemudian dilakukan lagi saat usia mereka 32 tahun. Hasil yang didapat adalah sama, mereka yang terbiasa menghisap jempol dan menggigit kuku memiliki kekebalan tubuh yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak.

Kebiasaan ini tidak terkait dengan resiko asma atau alergi serbuk bunga. Selain memiliki kekebalan tubuh yang tinggi, mereka yang memiliki kebiasaan menghisap jempol dan menggigit kuku ternyata juga memiliki resiko yang kecil menderita alergi debu, kutu rumah, hewan peliharaan kucing, atau anjing.

“Meskipun kebiasaan ini tidak disarankan, namun ternyata kebiasaan menghisap jempol dan menggigit kuku ini memiliki sisi positif,” terang Malcolm Sears, salah satu penulis Journal Pediatrics.

Lynn Davidson menambahkan bahwa kebiasaan menghisap jempol dan menggigit kuku ini tetap saja bisa menjadi masalah jika berlanjut hingga dewasa. Beberapa masalah tersebut antara lain berhubungan dengan gigi dan infeksi pada jari. Oleh karena itu kebiasaan ini harus tetap diatur.

Adanya temuan baru tentang kebiasaan menghisap jempol dan menggigit kuku ini membuka mata kita mengenai kebisaan anak-anak. Kebiasaan yang dilakukan dari kecil, bisa memiliki efek jangka panjang hingga dia dewasa. Baik itu positif maupun negatif.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *