4 Manfaat Melakukan Donor Darah

Donor darah

Sekilas mungkin donor darah terlihat menakutkan bagi sebagian orang. Dan tak sedikit pula yang menganggap donor darah adalah tindakan untuk menolong orang lain yang sedang membutuhkan transfusi darah.

Padahal manfaat donor darah tak hanya ditrasakan oleh penerima darah saja tapi juga bagi pendonornya. Berikut ini adalah 4 manfaat yang bisa Anda rasakan jika melakukan donor darah.

1. Sarana Pemeriksaan Kesahatan Gratis

Darah yang didonorkan oleh seserorang tak bisa langsung ditransfusiukan pada penerimanya. Darah tersebut harus memalui pemeriksaan untuk memastikan darah tersebut sehat dan tidak berpenyakit.

Donor darah
Donor darah [image source]

Jika ditemukan ada masalah dalam darah tersebut pihak pendonor akan diberitahu. Inilah keuntungan jika Anda melakukan donor darah selain bisa menyelamatkan hidup orang lain Anda juga bisa mendapatkan informasi tentang kesehatan Anda secara gratis.

2. Dapat Mengendalikan Tekanan Darah

Dengan mengeluarkan darah dalam tubuh Anda akan membuat volume darah jadi seimbang. Sehingga Anda akan terhindari dari kondisi yang bisa menyebakan peningkatan tekanan darah.

Donor darah
Donor darah [image source]
Selain itu, kondisi jantung juga akan semakin sehat. pendonor darah juga dapat mencegah timbulnya penyakit penyakit kardiovaskular yang menyerang jantung dan pembukuh darah.

3. Mengurangi Resiko Kanker

Donor darah yang dilakukan secara rutin ternyata bermanfaat untuk mengurangi resiko terserang kanker seperti kanker paru-paru, usus besar, hingga kanker tenggorokan.

Donor darah
Donor darah [image source]
Seseorang yang melakukan donor darah rutin minimal 3 bulan sekali memiliki darah dengan kandungan zat besi yang seimbang. Kanker sendiri bisa timbul karena tingginya kadar zat besi dalam darah. Donor darah dapat membentu mengeluarkan kelebiahn zat besi dalam tubuh sehingga kankerpun dapat dicegah.

4. Membantu Tubuh Saat Kekurangan Darah

Donor darah membuat tubuh kita jadi semakin sehat. Karena ada sejumlah darah yang dikeluarkan dari tubuh. Makas secara otomatis organ dalam tubuh akan memproduksi kembali kekurang darah setelah didonorkan.

Donor darah
Donor darah [image source]
Hal itu sangat bermanfaat jika sewaktu-waktu pendonor darah tersebut mengalami cidera atau luka maka pemulihannhya akan lebih maksimal dan lebih cepat.

Itulah 4 manfaat yang akan kamu dapatkan jika rutin melakukan donor darah jadi tunggu apa lagi mari kita selamatkan hidup orang lain sekaligus membuat tubuh kita jadi sehat dengan melakukan donor darah. Anda bisa melakukan donor darah di PMI terdekat maupu rumah sakit yang memang menyediakan layanan donor darah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *