4 Alasan Mengapa ASI Penting Bagi Bayi

Ibu Menyusui

Saat ini banyak sekali ibu-ibu yang enggan memberikan Air Susu Ibu (ASI) pada buah hatinya dengan berbagai macam alasan. Ada yang enggan karena pekerjaan, takut merusak penampilannya, bahkan ada juga yang enggan karena alasan tidak ada waktu.

Padahal, ASI bukan hanya sekedar air berwarna putih tapi itu adalah air susu yang menyimpan banyak manfaat yang dibutuhkan oleh bayi yang baru lahir. Berikut ini adalah 5 Manfaat ASI untuk bayi.

1. Kaya Akan Nutrisi

Banyak ibu yang berpikir jika susu formula saja sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi bayi. Tapi sebenarnya ASI masih jauh lebih baik. Karena ASI Mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan oleh bayi.

Ibu Menyusui
Ibu Menyusui [image source]
Dalam ASI terkandung berbagai mazam zat seperti DHA, AA, Omega 6, laktosa, taurin, protein, laktobasius, vitamin A, kolostrum, lemak, zat besi, laktoferin and lisozim jumlahnya juga sesuai dengan takaran yang dibutuhkan oleh bayi.

2. Membuat Hubungan Ibu dan Anak Semakin Dekat

ASI juga memberikan manfaat secara psikologis baik untuk ibu maupun sang anak. Sudah bukan rahasia lagi jika ibu yang memeberikan ASI pada bayinya cenderung memiliki ikatan batin yang kuat.

Hubungan ibu dan anak semakin dekat
Hubungan ibu dan anak semakin dekat [image source]
Sedangkan anak yang tidak mendapatkan ASI secara ekslusif hubunganya dengan sang ibu tidak sebaik Anak yang mandapat ASI maksimal dari Ibunya.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh Bayi

Kandungan gizi seimbang yang terkandung dalam bayi juga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh sang anak dari berbagai macam penyakit. Nutrisi dalam ASI membuat sistem imun bayi semakin kuat sehingga bayi tersebut akan terhindar dari berbagai macam penyakit yang akan menghambat tumbuh kembangnya.

Meningkatkan kekebalan tubuh bayi
Meningkatkan kekebalan tubuh bayi [image source]
Selain itu, Asi juga tidak mudah basi dan akan selalu segar. Karena ASI diproduksi secara alamiah tanpa campur tangan bahan kimia. Tentunya jika ingin kualitas ASI semakin baik, para ibu yang menyusui harus memakan makanan yang sehat dan mengandung gizi yang seimbang.

4. Pelindung Dari Berbagai Alergi Makanan

Masih ingatkah Anda dengan ditemukanya beberapa bakteri jahat yang terkandung dalam susu formula? Jika yang Anda berikan adalah ASI, tentu Anda tak perlu khawatir bakteri akan masuk ke tubuh anak anda melalui susu. Karena ASI tersimpan secara steril dalam payudara wanita.

Pelindung dari berbagai macam alergi makanan
Pelindung dari berbagai macam alergi makanan [image source]
ASI terbukti lebih higienis dari susu formula. Kandungannya pun selain bisa menghindarkan sang anak dari berbagai macam penyakit, juga sebagai penawar berbagai macam bahan makanan yang kemungkinan bisa menyebabkan alergi.

Setelah mengetahui 4 manfaat ASi untuk bayi tersebut. Semoga para ibu semakin sadar jika ASI memang sangat dibutuhkan oleh bayi terutama antara umur 0 sampai 6 bulan. Pasti semua ibu menginginkan yang terbaik untuk anaknya. Lalu apakah hanya karena alasan manjaga kemolekan tubuh atau tuntutan pekerjaan saja seorang ibu tega mengabaikam tugas ibu memberikan ASI?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *