Liverpool Kalahkan Sang Rival Abadi Manchester United 2-0

Liverpool vs Manchester United via bola

Liverpool sukses membungkam sang rival abadi, Manchester United 2-0 dalam laga putaran pertama babak 16 besar Liga Europa di Anfield, Jumat (11/3). Gol penalti Daniel Sturridge dan Roberto Firmino sudah cukup menaklukkan Setan Merah di pertemuan pertama kedua tim di level Eropa. Hasil ini membuka peluang besar bagi The Reds untuk lolos ke perempat final Liga Eropa, kecuali United menang tiga gol di Old Trafford.

Liverpool yang menurunkan pemain terbaik mereka, bermainan bagus sepanjang 45 menit awal. The Reds mampu menguasai bola hingga 70 persen yang memaksa Manchester United hanya bisa kehilangan bola dan menunggu di daerah sendiri. Meski begitu, peluang pertama didapat United saat laga berjalan belum genap satu menit. Memphis Depay mengirimkan crossing berbahaya ke kotak penalti, sayang tidak mampu dikonversi menjadi gol.

Setan Merah sempat impresif, kecelakaan fatal terjadi di menit 19. Memphis Depay yang turut membantu pertahanan justru melanggar Daniel Sturridge di kotak terlarang, hukuman penalti dijatuhkan. Sturridge yang mengambil eksekusi menembak ke sudut kanan gawang. Tembakan sang penyerang Inggris itu terlalu terukur, David De Gea pun bisa menebak.

Liverpool vs Manchester United via bola
Liverpool vs Manchester United via bola

Manchester United nyaris terbobol kembali menit 25. Philippe Coutinho menyongsong bola dari jarak yang ideal, namun dorongan kakinya tidak terlalu kuat. De Gea yang menjatuhkan diri bisa menghalau tembakan ringan itu tepat di depan garis gawang. Selang tujuh menit, De Gea kembali menjadi penyelamat untuk menghadang kesempatan kedua Sturridge.

Pada awal babak kedua, Louis van Gaal membuat perubahan strategi dengan menarik keluar Rashford digantikan gelandang pengatur tempo, Michael Carrick. Meski demikian, Liverpool tetap lebih mendominasi jalannya laga, meski Manchester United juga sempat beberapa kali merepotkan barisan pertahanan tuan rumah. Firmino membuat tuan rumah menggandakan keunggulan di menit 73 dengan memanfaatkan assist Adam Lallana.

Setelah peluang pertama gagal, bola kembali dikuasai Lallana yang melepas umpan pendek ke Firmino. Bomber asal Brasil itu pun sukses menyontek bola menjadi gol. Meski beberapa kali mencoba mencari gol, namun United tetap tak mampu mencuri gol tandang hingga laga berakhir dengan skor 2-0. Manchester United memiliki kesempatan membalas kekalahan ini saat kedua tim bertemu di partai putaran kedua di Old Trafford minggu depan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *