Baghdad Kembali Dihantam Ledakan Bom

Sebuah ledakan kembali terjadi di ibukota Irak, Baghdad. Sebelumnya pada Bulan Juli ledakan juga terjadi. Ledakan tersebut menewaskan sekitar 324 orang dan diklaim sebagai ledakan terbesar yang pernah menghantam kota ini. Namun, ledakan kali ini menewaskan sekitar 9 orang. Menurut laporan, korban tewas tersebut bisa bertambah.

Media Amaq memberitakan ISIS mengklaim sebagai pihak yang bertanggung jawab atas peledakan bom ini. Media tersebut juga menambahkan bahwa pelaku bom bunuh diri menargetkan kumpulan warga Syiah di Distrik Karrada, Baghdad. Selain korban tewas, juga terdapat sekitar 20 orang luka parah akibat ledakan tersebut.

Irak memang semakin terpuruk sejak ISIS berhasil menduduki sepertiga wilayahnya sejak 2014 silam. Mereka kerap melancarkan serangan pada pihak keamanan, pemerintah, dan warga Syiah. Perang melawan ISIS ini semakin menambah parah kondisi Irak yang juga sedang mengalami konflik antara kelompok Syiah yang merupakan mayoritas dan kelompok Sunni yang merupakan minoritas.

Beberapa tahun ini kekuatan ISIS mulai melemah. Hal tersebut dikarenakan mereka harus menghadapi serangan pasukan koalisi yang dipimpin Amerika Serikat (AS). Namun, dengan adanya kejadian ini menunjukkan bahwa ISIS masih bisa melakukan serangan di luar wilayah yang mereka kendalikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *