5 Kota Termacet di Dunia Tahun 2015, Jakarta Salah Satunya?

Kemacetan sudah menjadi fenomena sosial yang tak bisa dihindarkan. Sudah banyak kota-kota di dunia yang dihiasi oleh kerumunan kendaraan dan juga asap yang mengepul di atasnya. Hal ini mengakibatkan munculnya efek-efek negatif seperti polusi udara hingga kecelakaan kendaraan. Tak jarang, orang-orang yang berdomisili asli kota tersebut mencari alternatif dengan berpindah ke kota lain yang lebih sunyi dan bebas dari polusi.

Nah, berbicara mengenai kemacetan yang ada di dunia, beberapa kota yang sering menjadi langganan kemacetan merupakan kota dengan banyak penduduk. Kota mana sajakah yang dijuluki sebagai kota termacet di dunia ini? Berikut rangkumannya.

1. Istanbul,Turki

Kota cantik dari dua benua ini merupakan salah satu tempat yang masuk dalam daftar wisata impian para muslim. Selain memiliki sejarah peradaban islam yang panjang, Istanbul juga memiliki pemandangan menakjubkan dengan berbagai wisata yang menarik. Namun, ada fakta yang berbanding terbalik dengan kecantikan kota ini, ialah keadaan dan rutinitas yang terjadi di jalan raya ibukota Turki.

Istanbul Turki
Istanbul Turki [Image Source]
Sebanyak 30.000 mobil baru membanjiri jalan Istanbul tiap bulannya. Apalagi di jembatan Bosphorus, jembatan yang menjadi penghubung antara Benua Asia dan Eropa ini menjadi jembatan langganan kemacetan. Semakin sore kemacetan di jalur ini semakin parah kemacetan yang terjadi.

2. Mexico City, Meksiko

Meksiko identik dengan film telenovelanya yang keren abis. Dari mulai Carita De Angel, Rosalinda, Esmeralda hingga Amigos merupakan rentetan film populer hingga sampai ke pertelevisian Indonesia. Selain film telenovela, kota ini juga populer dengan kemacetannya.

Mexico City
Mexico City [Image Source]
Setiap harinya, Mexico City dihiasi oleh empat juta kendaraan yang berlalu lalang di jalanan. Dalam satu tahun, setidaknya pengemudi mengalami stop dan start sebanyak 30.840 kali. Bahkan untuk berkunjung ke suatu tempat, mereka menghabiskan waktu dua kali lipat dari waktu biasanya. Selain masuk menjadi kota termacet di dunia, Mexico city juga dijuluki sebagai kota penghasil polusi udara nomor satu di dunia.

3. St Petersburg dan Moskow

Kedua kota yang berada di negara Rusia ini menjadi kota yang memiliki jalur kendaraan bermotor termacet di dunia menyusul Mexico City. Kota St. Petersburg, sebenarnya memiliki sistem transportasi publik yang sangat memadai. Sekitar 2,5 juta penumpang sering menggunakan kereta bawah tanah untuk berangkat dan pulang kerja. Namun, jumlah tersebut ternyata tak membendung kemacetan di jalan-jalan kota ini.

Kemacetan di Moskow
Kemacetan di Moskow [Image Source]
Sementara itu, Moskow juga memiliki kendala yang sama halnya dengan St. Petersburg. Kota ini tak bisa mengendalikan ledakan pembelian kendaraan yang semakin hari semakin meningkat. Meski pembangunan infrastruktur sudah memadai, namun tetap saja jalan di Moskow sering mengalami kemacetan.

4. Roma, Italia

Roma menjadi salah satu kota yang sudah lama mengalami masalah lalu lintas. Minimnya jumlah transportasi publik dan rasio kendaraan per kapita membuat Roma masuk dalam kategori kota termacet di dunia.

Kemacetan di Roma
Kemacetan di Roma [Image Source]
Selain jumlah kendaraan baru yang tiap bulannya meningkat, adanya bus-bus pariwisata juga menambah faktor yang mempengaruhi kemacetan di ibukota Italia ini. Tak heran jika kota di Selatan Eropa ini tercatat sebagai negara dengan tingkat kepadatan kendaraan tertinggi di dunia.

5. Jakarta, Indonesia

Tak menyebutkan nama Jakarta di rentetan kota termacet di dunia serasa kurang afdol. Meski tak menginginkan julukan kota dengan lalu lintas terburuk di dunia ini disandang oleh Jakarta, namun sebutan tersebut memang pantas untuk Jakarta.

Kemacetan di Jakarta
Kemacetan di Jakarta [Image Source]
Tidak heran jika jalanan di Jakarta macet pasalnya pembangunan infrastruktur tidak sebanding dengan pertumbuhan popoluasi kendaraan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *