4 Daerah di Indonesia yang Dijuluki Kota Santet

Pernah dengar istilah santet? Santet dipercaya oleh sebagian orang sebagai ilmu hitam yang ditujukan untuk membuat orang lain terluka secara mistis. Hingga kini, kebenaran tentang praktik santet masih menjadi sebuah kontroversi ada yang percaya, tapi ada juga yang tidak mempercayainya.

Kondisi tubuh bahkan kematian seseorang yang tidak wajar pun biasanya dihubung-hubungkan dengan santet. Bahkan sampai ada beberapa kota yang dijuluki dengan kota santet atau kota mistis lantaran banyaknya kasus yang diduga akibat santet. Penasaran di mana saja daerah-daerah tersebut? berikut ini ulasannya

1. Banyuwangi

Julukan Banyuwangi sebagai kota santet bukanlah tanpa alasan. Mengingat pernah terjadi pembantaian besar-besar terhadap 100 orang lebih yang diduga sebagai pelaku dukun santet. Peristiwa yang terjadi tahun 1998 tersebut dikenal dengan “Tragedi Santet Banyuwangi”. Padahal, setelah ditelusuri korban-korban pembantaian tersebut ada yang berprofesi sebagai guru ngaji bahkan ketua RT. Penyelidikan tentang kasus ini pun kemudian menguap begitu saja dan tidak jelas kelanjutannya. Meskipun beberapa orang telah ditetapkan sebagai tersangka. Tapi sampai sekarang dalang utama dari tragedi tersebut belum ditemukan.

Tragedi Santet Banyuwangin 1998
Tragedi Santet Banyuwangin 1998[image source]
Masyaraakat setempat pun ada yang membenarkan bahwa ilmu santet memang tumbuh di tengah-tengah masyarakat Banyuwangi. Hanya saja seringkali orang salah kaprah dengan jenis santet yang berkembang di kabupaten paling timur Pulau Jawa tersebut. Sebagian masyarakat Banyuwangi mengenal empat jenis santet yaitu santet hitam untuk membalas dendam hingga musuhnya meninggal, santet merah juga untuk balas dendam tapi tidak sampai menyebabkan kematian, santet kuning biasanya digunakan untuk menarik simpati orang lain dan santet putih untuk kelancaran usaha.

2. Banten

Memang julukan Banten sebagai kota yang identik dengan santet sampai sekarang hanya sekedar isu saja. Tapi beberapa waktu yang lalu nama Banten disoroti oleh media massa lantaran Ketua KPK saat itu, Abraham Samad melontarkan pernyataan bahwa Banten adalah Gudang Santet. Pernyataan Abraham Samad itu memicu reaksi keras dari segenab masyarakat Banten yang merasa dilecehkan dengan pernyataan tersebut.

Debus di Banten
Debus di Banten [image source]
Terlepas dari benar tidaknya anggapan bahwa Banten adalah kota santet, ada satu lagi budaya yang diidentikkan dengan Banten yaitu debus. Debus adalah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *