Kopassus Gelar Perayaan HUT Ke-64

Kopassus Gelar Perayaan HUT Ke-64 via liputan6

Komando Pasukan Khusus (Kopassus) menggelar acara perayaan puncak HUT ke-64 tahun di Markas Kopassus, Cijantung, Sabtu (16/4). Dalam acara tersebut, Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo mengatakan kepada seluruh prajurit Kopassus untuk terus berlatih dalam meningkatkan kemampuan. Menurutnya, sudah banyak prestasi yang ditorehkan Kopassus. Tapi hanya sedikit yang diketahui publik. Hal ini terus dilakukan oleh pasukan elite TNI AD.

“Kopassus sekarang berulang tahun yang ke-64. Kopassus tugasnya adalah berlatih, berlatih dan berlatih untuk siap melaksanakan tugas-tugas khusus yang tak boleh gagal. Jadi jangan berharap Kopassus muncul di media. Kopassus itu ibarat angin, bisa dirasakan sejuknya, bisa dirasakan panasnya, tapi tidak tahu bentuknya seperti apa. Mati tanpa pusara, pretasi tanpa pujian karena memang mereka dibentuk dari prajurit-prajurit yang siap melaksanakan tugas seperti itu,” ujarnya di Mako Kopassus, Cijantung, Jakarta Timur, Sabtu (16/4).

Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan mengatakan sebagai pasukan elite, Kopassus harus terus meningkatkan kemampuannya untuk menghadapi ancaman. Mantan Dansat 81 Gultor berharap Kopassus terus menorehkan prestasinya. “Harapannya tetap sukses, Panglima TNI bilang Kopassus jangan banyak demo-demo jadi lebih banyak diam-diam saja, yang penting operasi menang. Nanti sama kaya sirkus lagi,” tuturnya.

Kopassus Gelar Perayaan HUT Ke-64 via liputan6
Kopassus Gelar Perayaan HUT Ke-64 via liputan6

Dalam perayaan ini, Kopassus mengundang seribu tamu diantaranya Menkopolhukam Luhut Pandjaitan, Menhan Ryamizard Ryacudu, Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) Komisaris Jenderal Polisi Tito Karnavian. Namun sayangnya salah satu mantan Komandan Kopassus, Prabowo Subianto tak bisa hadir karena dia dikabarkan sedang berada di luar negeri.

Tidak jauh berbeda dengan tahun sebelumnya, perayaan ini juga akan diramaikan dengan demonstrasi kemampuan bela diri Yong Moodo, Taekwondo dan Merpati Putih. Rangkaian acara diakhiri dengan atraksi terjun payung. Kopassus adalah Komando Utama tempur yang dimiliki TNI Angkatan Darat Indonesia. Dikenal dengan tim pasukan baret merah, Kopassus punya tugas berat mulai dari menembak dengan tepat, pengintaian, kemampuan antiteror. Kemampuan seorang Kopassus digadang-gadang sama dengan delapan orang TNI.

Anggota Kopassus memiliki kemampuan intelijen dan pengintaian, mampu bertempur jarak dekat baik menggunakan senjata ataupun tanpa senjata. Mereka mampu bertempur dalam segala medan, baik darat, laut, udara sesuai semboyan Tri Yudha Sakti. Untuk jadi bagian Kopassus, tiap orang wajib punya keterampilan khusus di bidang mental, fisik, taktik, teknik untuk melaksanakan operasi khusus terhadap saasaran yang bersifat strategis terpilih.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *