Kiddle, Mesin Pencarian Aman Khusus Anak-Anak Dari Google

Kiddle via liputan6

Para orangtua kini bisa menarik napas lega sebab anak-anak sekarang ini bisa menggunakan mesin pencarian yang khusus diperuntukkan bagi mereka dari Google yang bernama Kiddle, Minggu (28/2). Kiddle ini sendiri hadir dengan tampilan yang didesain khusus bagi anak-anak sehingga akan lebih menarik minat anak-anak.

Dengan logo dan warna latar belakang yang sama dengan Google, Kiddle tetap tampil beda sebab menghilangkan latar putih khas Google dan menggantinya dengan tema luar angkasa. Kiddle tampil dengan gambaran permukaan bulan warna kuning. Selain itu, ada juga gambar robot dengan desain simpel lantaran memang khusus dirancang agar menarik minat anak.

Fitur tersebut dilengkapi dengan gambar planet-planet di kejauhan dan alien robot di bawah kotak pencariannya. Kiddle merupakan mesin pencarian visual khusus untuk anak-anak yang didukung oleh para editor dari Google dengan menggunakan metode pencarian aman. Hal ini memungkinkan anak-anak membuka berbagai situs, mencari gambar, berita, atau video.

Kiddle via liputan6
Kiddle via liputan6

Begitu memasukkan kata kunci di kotak pencariannya, Kiddle akan mengeluarkan sederetan daftar link yang berhubungan. Situs pertama sampai ketiga yang muncul dalam daftar tadi adalah situs-situs dan halaman yang aman, dibuat khusus untuk anak-anak, dipilih sekaligus diperiksa oleh para editor. Hasil pencarian nomor empat sampai tujuh di daftar tadi akan menampilkan situs yang isinya ditulis dengan bahasa sederhana.

Hal tersebut diharapkan agar anak-anak yang masih kecil bisa memahami apa yang mereka cari. Situs-situs tadi juga dipilih serta diperiksa oleh para editor. Sedangkan hasil pencarian kedelapan dan selanjutnya termasuk situs yang ditulis untuk orang dewasa pada umumnya, namun sudah disaring oleh metode pencarian aman dari Google.

Mesin pencari Kiddle ini akan mengurangi kekhawatiran para orang tua pada saat anak-anak menjelajahi dunia maya. Pasalnya, sistem mesin pencari ini secara otomatis akan memblok kata pencarian yang dianggap tak layak untuk anak-anak. Dengan kelebihan tersebut, orang tua bisa merasa lebih lega dengan hadirnya mesin pencari ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *