Siap-siap Kecewa, Kemenkominfo Bisa Jadi Blokir Pokemon Go

Pokemon Go tak hanya jadi sekedar game pada smartphone saja. Namun, sudah menjadi fenomena karena dimainkan oleh berjuta-juta orang. Game berbasis augmented-reality yang dikembangkan oleh Pokemon Company dan Niantic ini sukses besar menarik minat gamer sejak awal peluncurannya.

Tak terkecuali para gamer di Indonesia. Meskipun Pokemon Go belum secara resmi ada di Indonesia, para gamer rela mendownload versi APK yang sebenarnya mengancam keamanan perangkat smartphone mereka. Namun, penggemar Pokemon di Indonesia harus siap-siap kecewa.

Pokemon Go Bisa Diblokir di Indonesia

Pokemon Go akan diblokir di Indonesia [image source]
Mengetahui keberadaan Pokemon Go yang cukup fenomenal belakangan, Kemenkominfo menyatakan tak segan-segan memblokir aplikasi ini.

“Kalau memang konten aplikasi Pokemon Go melanggar aturan, pasti kita akan proses untuk diblokir melalui panel penanganan konten ilegal,” terang Ismail Cawidu, Kepala Pusat Informasi Kemenkominfo.

Sampai saat ini memang belum ada pengaduan mengenai Pokemon Go. Namun, hal tersebut tak membuat Kemenkominfo lalai dalam mengawasi aplikasi ini.

Kejadian Aneh di Berbagai Penjuru Dunia Sejak Peluncuran Pokemon Go

Kerumunan orang bermain Pokemon GO [image source]
Langkah yang akan diambil oleh Kemenkominfo tersebut merupakan sebuah upaya agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan di Indonesia. Salah satu contohnya adalah kasus perampokan yang memanfaatkan Pokemon Go di Missouri, Amerika Serikat. Kasus yang dilakukan oleh 4 remaja belia tersebut memakan korban sebanyak 11 orang.

Baru-baru ini juga ada kasus konyol terjadi di Selandia Baru terkait game Pokemon Go. Tom Currie rela keluar dari pekerjaannya di sebuah kafe demi mengincar seekor Pokemon bernama Mewtwo.

“Saya pesan bus dari semua arah ke Invercargil dan begitu juga untuk balik ke Cape Reinga, semoga saya bisa dapat Pokemon bagus di jalan. Saya mau Mewtwo, Pokemon nomor 150. Kebanyakan itu yang terakhir di dapat di sini,” ujarnya.

Himbauan Polda Metro Jaya Untuk Para Trainer Pokemon

Bermain Pokemon Go [image source]
Pokemon Go adalah sebuah aplikasi yang melibatkan GPS di dalamnya. Masalah bisa muncul, ketika trainer Pokemon tak memedulikan keadaan jalanan sekitar.

“Jangan sampai nanti kita asik mengejar Pokemon jadi malapetaka karena fokus ke game dan HP, tidak lihat lingkungan sekitar. Ini bahaya. Kita tidak tahu ada lubang saat berkendara, kejahatan, ada copet, nanti HP diambil,” terang Kombes Awi Setiyono, Kabid Humas Polda Metro Jaya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *